POPULAR STORIES

Menjaga Suhu AC Mobil Tetap Dingin, 6 Hal Ini Perlu Diperhatikan

Menjaga Suhu AC Mobil Tetap Dingin, 6 Hal Ini Perlu Diperhatikan Pada kondisi ideal, ukuran tekanan berada pada kisaran angka 30 Psi untuk single blower dan 40 Psi bagi AC double blower (Foto: Scuto Express)

KabarOto.com - AC mobil berfungsi untuk mendinginkan udara di kabin, membuat nyaman pengemudi dan juga penumpangnya.

Hembusan AC yang kurang dingin, dapat dipengaruhi berbagai faktor, seperti kurangnya freon dan lemahnya kompressor. Penyebab lainnya seperti evaporator sudah kotor, serta kipas atau fan tidak bekerja maksimal. Untuk menjaga suhu AC tetap dingin, 6 hal ini penting diperhatikan.

Baca Juga: Tips Memilih Cover Mobil, Jangan Asal Beli Sob

Filter AC atau filter kabin yang kotor akan debu, bakteri dan kuman, bisa memperlambat embusan pada kisi-kisi AC.

Cek Tekanan Kompressor
Guna mengetahui tekanan kompressor biasanya menggunakan alat. Pada kondisi ideal, ukuran tekanan berada pada kisaran angka 30 Psi untuk single blower, dan 40 Psi bagi AC double blower. Pengecekan kompresor juga bisa dilakukan dengan mengecek magnet clutch, serta sekring serta kabel kelistrikan. Artinya, kerusakan pada kompressor bisa datang dari berbagai faktor.

Cek Freon
Selanjutnya, pengecekan freon bisa dideteksi melalui alat cek kompressor. Jika tekanannya 0 Psi, bisa jadi freon dalam kondisi kosong. Deteksi paling gampang, adalah memegang selang 5/8 AC. Jika dipegang dingin maka kemungkinan freon tidak ada masalah.

Cek Kipas (Fan)
Berikutnya, pastikan fan pada mobil bekerja saat mesin dalam kondisi menyala. Ada juga mobil yang dilengkapi dengan extra fan.

Jika kipas atau fan tidak bekerja maksimal atau lemah, menyebabkan pendinginan kondensor AC tidak maksimal, sehingga kinerja AC terganggu yang berujung AC terasa lebih panas. Ada baiknya, silakan cek sistem kelistrikan kipas tersebut.

Baca Juga: Tips Memilih Lampu LED Untuk Mobil Atau Motor

Membersihkan kotoran yang menyebabkan AC mobil kurang dingin

Cek Blower
Anda bisa mengecek embusan angin blower AC. Jika dirasa kurang kencang pada posisi tertinggi, berarti blower mobil bermasalah. Atau mendengarkan putaran blower, apakah terdengar kasar atau terdapat suara-suara ‘asing’. Untuk mengeceknya, bisa lakukan secara bertahap dari setelan terkecil hingga terbesar.

Evaporator
Nah, masalah embusan AC tidak dingin bisa timbul karena kotor atau kebocoran pada evaporator. Karena kebocoroan akan mengakibatkan freon berkurang atau habis, imbasnya hembusan AC pun tidak dingin atau sulit untuk bisa mencapai suhu ideal.

Filter AC
Filter AC atau filter kabin yang kotor akan debu, bakteri dan kuman, bisa memperlambat embusan pada kisi-kisi AC. Bukan hanya menyebabkan embusan jadi kurang dingin, jika kotor, embusan AC pun bisa jadi kurang sehat. Hal ini malah bisa berujung timbulnya penyakit.