POPULAR STORIES

Menjajal Kecanggihan Kei Car Daihatsu Tanto Di GIIAS 2019

Menjajal Kecanggihan Kei Car Daihatsu Tanto di GIIAS 2019 Daihatsu Tanto (KO/Edo)

KabarOto.com - Pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Daihatsu terus menampilkan mobil-mobil terbaiknya. Seperti Terios, Ayla, hingga mobil konsep HY-Fun.

Namun ada satu model yang menarik perhatian KabarOto, yakni New Tanto. Pasalnya, kei car Daihatsu yang telah diluncurkan pada awal Juli lalu di Jepang itu memiliki penampilan yang unik serta dibekali beragam fitur canggih.

Baca Juga: Keren Abis! Simak Nih 5 Mobil Termahal Yang Ada Di GIIAS 2019

Salah satu fitur canggih tersebut yaitu teknologi Smart Assist yang juga diterapkan di Mobil konsep Hy-Fun. Generasi terbaru New Smart Assist ini memiliki sistem keamanan dan keselamatan yang lebih lengkap.

Simulasi menggunakan penghalang

Pada teknologi canggih ini terdapat fitur yang mampu mencegah benturan dengan mengaktifkan pengereman darurat secara otomatis, ketika mendeteksi kendaraan lain atau pejalan kaki di depannya, sehingga dapat membantu pengendara menghindari atau meminimalisir efek benturan.

KabarOto pun sempat menjajal kecanggihan fitur tersebut, meski hanya sebagai penumpang. Saat pedal gas diinjak oleh staf dari Daihatsu, Tanto langsung bergerak dengan cepat. Namun ketika hampir mendekati rintangan seperti tembok di depannya, mobil mungil tersebut mendadak melakukan pengereman secara otomatis.

Fitur Smart Assist berfungsi ketika maju maupun mundur

Canggihnya, sistem pengereman secara otomatis ini juga aktif ketika ada objek di belakang yang disebabkan kesalahan dalam menginjak pedal rem dengan gas.

"Jadi misalkan ketika sedang parkir dan di belakang kendaraan ada tembok. Pengemudi yang seharusnya menginjak pedal rem malah menginjak pedal gas. Maka sistem ini akan berfungsi secara otomatis," ujar staf Daihatsu tersebut.

Memiliki interior yang lapang

New Smart Assist juga dapat mendeteksi dan memberitahu pengemudi saat kendaraan di depan mulai jalan ketika ada antrian lampu lalu lintas, sehingga pengguna dapat kembali berkendara, dan juga mampu mendeteksi rambu lalu lintas "Dilarang Masuk" yang biasa terdapat pada jalur satu arah, sehingga pengemudi dapat berkendara lebih tenang dan aman.

Baca Juga: Test Drive - All New Daihatsu Terios R Deluxe A/T

Fitur canggih lainnya, yakni teknologi lane keeping control system. Fitur ini berfungsi pada perjalanan rute jauh atau waktu yang lama, biasanya pengendara sedikit mulai kehilangan fokus dan tiba-tiba berpindah jalur.

Dengan teknologi terbaru ini, membuat pengemudi dapat lebih terjaga dan terbantu karena selain sistem yang dapat memberi peringatan akibat perpindahan jalur tiba–tiba yang tidak disengaja, juga membantu mengembalikan stir kemudi kembali ke posisi semula secara otomatis.

Untuk lampu penerangan, teknologi ini juga dibekali dengan adaptive high-beam, cocok bagi pengendara yang sering berkendara di malam hari menuju area gelap yang membutuhkan lampu penerangan yang lebih, tanpa takut membuat silau pengendara lain dari arah berlawanan.