Mercedes-Benz A45 S AMG 4Matic, Hatchback Mungil Bertenaga 421 Dk

Mercedes-Benz A45 S AMG 4Matic, Hatchback Mungil Bertenaga 421 dk Foto: Mercedes-Benz

KabarOto.com – Mercedes-Benz mengeluarkan varian S untuk hatchback A45 dengan nama A45 S AMG 4Matic, yang terungkap di Goodwood Festival of Speed, menjelang peluncurannya pada akhir tahun 2019.

Model A45 S AMG ini ditujukan melanjutkan perjalanan generasi pendahulu mereka dengan performa yang luar biasa, dinamika berkendara terbaik dan desain ekspresif, namun ada penambahan komponen baru.

Bahas eksteriornya terlebih dahulu, Mercedes-Benz selalu menghadirkan desain yang sporty dan keren, tak terkecuali pada A45 S AMG yang memiliki gril besar dengan kontur lebih rendah.

Kap mesin juga didesain aerodinamis, mendukung tampilan visual yang dinamis. Sementara sistem penerangannya menggunakan lampu model proyektor LED dan LED DRL, menambah kesan modern dan sporty.

Baca juga: Profil Mercedes-Benz GLC Class AMG Night Edition

Bergeser ke samping, pelek palang dari alumunium ringan 19 inci dengan desain 5 twin spoke memiliki lebar 8,5 inci. Pelek ini dicat warna abu-abu titanium, dilapisi ban berukuran 245/35R19 di keempat rodanya.

Sistem pengereman menggunakan kaliper 6 piston warna merah dengan huruf AMG berwarna hitam, membuat penampilan mobil ini terlihat sporty dari samping.

Berlanjut ke belakang, terlihat dua knalpot tailpipes twin berbentuk bulat berdiameter 90 mm, menyatu dengan bumper belakang berukuran besar. Kesan lebar di bagian belakang terlihat berkat kluster lampu belakang tipis dua bagian.

Baca juga: Iklan BMW I8 Ini Viral Karena Diperankan CEO Mercedes-Benz

Terdapat diffuser belakang dengan 2 sirip kembar vertikal yang terletak di antara knalpot besar. Tidak ketinggalan spoiler belakang di atap. Selain demi aerodinamika, komponen ini juga membuat tampilannya lebih sporty.

Berlanjut ke interior, pengemudi dan penumpang akan dimanjakan kabin mewah berkualitas tinggi khas Mercedes-Benz, menggunakan kursi berlapis kulit buatan Artico dan serat mikro dari Dinamica.

Pada dasbor berwarna hitam, terdapat touchpad di bagian tengah untuk mengendalikan 3 level ESP, mode transmisi manual dan sistem peredam adaptif AMG Ride Control.

Suasana interior kental aura khas AMG seperti pedal dari baja stainless dengan karet, keset lantai berwarna hitam dengan huruf AMG. Pada kabin berwarna hitam, terdapat aksen garis warna kuning dari depan sampai belakang, menekankan karakter mobil balap pada model S yang sporty.

Sistem infotainment mobil ini menggunakan MBUX khusus AMG, menggunakan 2 layar yang terletak di dasbor. Sistem ini berfungsi memberikan informasi mengenai kondisi komponen mobil dan gaya pengendalian dari pengemudi, serta fitur-fitur lain yang berguna saat memacu mobil ini di trek balap. Pengoperasiannya bisa dilakukan dengan menggunakan tombol atau perintah suara.

Sebagai hatchback racikan AMG, tentu tak sempurna apabila dapur pacu dibiarkan standar. Mesin 4 silinder segaris berkapasitas 2.000 cc ditambah turbo, menghasilkan tenaga 421 dk dan torsi maksimal 500 Nm, pada rentang 5.000-5.250 rpm.

Uniknya, mesin ini diproduksi dengan prinsip "One Man, One Engine". Jadi prinsip ini merupakan filosofi yang mewajibkan 1 mesin untuk dibangun oleh 1 orang saja.

Baca juga: Profil - Rolls-Royce Cullinan

Hasilnya, A45 S AMG mampu berakselerasi dari 0 ke 100 kpj hanya membutuhkan waktu 3,9 detik, dengan kecepatan maksimal yang dibatasi secara elektronik, hingga 270 kpj.

Tenaganya terhubung ke transmisi dual-clutch AMG SpeedShift DCT 8G, yang memberikan karakter pengendalian gesit dan dinamis. Rasio roda gigi telah dikonfigurasi ulang, untuk menciptakan akselerasi spontan. Transmisi tersebut dapat diatur karakter pengendaliannya sesuai kebutuhan pengemudi, menggunakan AMG Dynamic Select.

Sayang, harganya belum diinformasikan oleh Mercedes-Benz. Namun besar kemungkinan, A45 S AMG ini mulai diproduksi akhir tahun 2019 dan akan tiba pada kuartal pertama tahun 2020, bersamaan dikeluarkannya CLA45 model yang baru. (Nora Dian Pratama)