POPULAR STORIES

Mesin F1 2021 Bakal Jadi Yang Termurah Sepanjang Sejarah

Mesin F1 2021 Bakal Jadi yang Termurah Sepanjang Sejarah Formula One (istimewa)

Kabaroto.com - Kompetisi Formula One (F1) bakal melakukan gebrakan pada musim 2021. Mereka akan memproduksi mesin yang lebih bertenaga. Akan tetapi, dengan ongkos produksi yang lebih murah.

Pernyataan Federation Internationale de l'Automobile (FIA) mengenai mesin baru F1 yang lebih murah tersebut diperkuat oleh bos Mercedes, Toto Wolf. Bahkan, dia menjamin bahwa ongkos produksi mesin pada tahun 2021 bakal menjadi yang termurah sepanjang perhelatan balapan jet darat itu.

Baca Juga:

Harga yang dimaksud Wolf bersifat riil, dengan demikian harga tersebut dihitung berdasarkan hubungannya dengan harga-harga komponen lain. Ditambahkan Wolf, FIA saat ini berusaha menekan harga satu unit mesin mobil dari 12 sampai 14 juta dolar AS.

"Hanya lima persen dari total biaya tim besar. Untuk tim kecil sekitar 8 sampai 10 persen," tegas pria yang lahir di Vienna, Austria ini.

Mobil-mobil yang mengaspal di lintasan Formula 1 saat ini sampai tahun 2020 nanti menggendong mesin 1.6-litre turbo-charged V6. Setidaknya ada tiga perusahaan yang memasok mesin jet darat ini, yakni Ferrari, Mercedes, dan McLaren.