Mesin Mobil Habis Terendam Banjir, Ini Biaya Perbaikannya

Mesin Mobil Habis Terendam Banjir, Ini Biaya Perbaikannya

KabarOto.com - Banjir masih menyisakan cerita bagi masyarakat yang terdampak, di berbagai wilayah Indonesia. Air merendam hampir seluruh peralatan rumah tangga, termasuk kendaraan bermotor seperti mobil. Hal ini membuat para korban mengalamui kerugian, baik moril maupun materiil.

Biasanya, masyarakat akan membereskan dulu barang-barang rumah mereka, setelah itu baru mobil yang dilakukan perawatan. Nah, bagi Anda yang mobilnya terendam banjir, mungkin informasi yang satu ini perlu diketahui.

Besaran biaya memperbaiki mobil dan apa saja yang diperbaiki setelah mobil terendam banjir.

Baca juga: Beli Mobil Suzuki Dapat Asuransi Banjir Gratis

Mesin mobil yang terendam banjir

Hadi Taruna, dari Engineblock Auto Works mengatakan, memperbaiki mesin mobil yang terkena banjir tidak terlalu mahal. Karena, biasanya saat mesin kerendam, posisinya mati dan tertutup rapat. "Jadi air masuk ke dalam itu minor," terangnya kepada Kabaroto.

Namun, untuk memastikan kondisi biasanya dia akan membuka mesin. "Kalau air tidak masuk banyak, cukup kuras dan flushing lalu ganti oli baru," tambahnya.

Komponen yang wajib diganti, menurut Hatar panggilan akrabnya, adalah bearing-bearing yang ada di mesin. "Yang mahal itu sektor transmisi otomatis dan kelistrikannya. Itu untuk mobil otomatis ya," tutur pemilik bengkel di bilangan Bintaro, Tangerang Selatan ini.

Karena, jika mobil bertransmisi otomatis sudah kerendam air, menurut Hatar 90% komponen transmisinya sudah pasti akan bermasalah. "Susahnya transmisi otomatis, kalau sudah kerendam air, 90% akan jadi nggak benar kinerjanya," tambah Hatar.

Meski sudah dibongkar, dan dibersihkan, saat dipakai dalam waktu beberapa hari kemudian transmisi matiknya mulai bermasalah kembali. "Artinya kalau kena banjir, wajib langsung di overhaul," terang Hatar. Untuk biaya, Hatar memberikan estimasi antara Rp 10 juta sampai Rp 15 juta.

Baca juga: Mobil Terendan Banjir, Lakukan Ini Agar Bisa Diklaim Asuransi

Komponen lain yang paling terkena dampak rendaman air adalah kelistrikan. "Ini komponen yang paling banyak kena kalau habis kerendam banjir," sebut Hatar. Harus dilakukan pengecekan, bagian-bagian mana yang bermasalah.

Lalu bagaimana untuk mobil dengan transmisi manual?

Hatar menuturkan, jika transmisi manual tidak ada masalah. "Tinggal kita bersihkan saja koplingnya. Kalau sudah tipis ya sekalian ganti," paparnya. Untuk biaya transmisi manual, Hatar memberikan estimasi Rp 5 juta. "Harga itu untuk mesin, di luar overhaul," tambahnya.