POPULAR STORIES

Meski Digugat Konsumen, DFSK Glory 580 Tidak Akan Direcall

Meski Digugat Konsumen, DFSK Glory 580 Tidak akan Direcall DFSK Glory 580 di kawasan Bromo, Jawa Timur

KabarOto.com - Dalam rangka menghormati proses hukum, DFSK sudah menjalankan sidang perdana atas gugatan konsumennya. Dalam sidang perdana tersebut, hanya menyerahkan berkas dari kedua belah pihak.

Produsen mobil asal Tiongkok yang memiliki pabrik di Cikande, Banten ini digugat karena Glory 580 dirasakan oleh 7 orang konsumen tidak kuat nanjak saat start and go. Mereka menilai mobil ini ada cacat tersembunyi.

Kuasa Hukum DFSK, Heribertus S. Hartojo usai sidang menjelaskan, itu merupakan dalil mereka, dia mewakili kliennya melihat pembuktiannya seperti apa. "DFSK menjual ratusan dan sebelum ini tidak ada masalah berarti, tidak bisa nanjak," terangnya, Rabu (27/01).

Baca Juga: DFSK Glory 580 Sudah Tembus Pasar Eropa, Berikut Catatannya!

Dia pun merasa heran, apa sebenarnya yang dimaksud tidak bisa nanjak. "Kalau ada masalah seperti itu kan bisa bawa ke bengkel untuk perbaikan," terangnya. Dia pun merasa sudah bertanya ke pengguna lain mengenai stop and go saat tanjakan, dicoba tidak ada masalah.

Lalu apakah DFSK berencana melakukan recall untuk Glory 580?

PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi menyatakan, recal saat ini belum, karena permasalahan ini baru 7 dari semua unit yang sudah dipasarkan. "Kalau recall, harus ada beberapa point presentase, apakah jumlahnya sudah melebihi angka normal, baru bisa kita lihat," terangnya.

DFSK persilahkan konsumen yang alami masalah ke bengkel resmi

Rofiqi menambahkan, sebelum dijual di Indonesia, mobil ini sudah dilakukan pengujian tipe di Kementerian Perindustrian dan juga Kementerian Perhubungan. "Sebelumnya sudah dilakukan tes kendaraan sampai 150 km untuk running. Kita saat ini masih melihat pengujian awal ya, belum melakukan pengujian setelah gugatan tersebut. Karena kan sudah ada sebelumnya," terang Rofiqi.

Dia juga menuturkan perihal masalah yang dialami oleh konsumen. "Mobil ini kan sudah dari 2018, sampai sekarang sudah 2 tahun lebih, sudah running dibawa ribuan kilo meter pastinya," tambahnya.

Baca Juga: DFSK Glory 580 Turbo CVT Tidak Bisa Nanjak, Digugat Konsumen

Kalau dilihat masalah, menurut Rofiqi terlalu banyak faktor, baik dari cara mengemudi. "RON bahan bakar juga bisa berpengaruh, misalkan di jalan tidak menggunakan yang sudah kami tetapkan yaitu minimal oktan 92," tambah dia. Semua harus dilakukan pengecekkan, karena DFSK memberikan garansi untuk mobil ini sampai dengan 7 tahun untuk mesin, transmisi, electrical hingga bodi kendaraan.