POPULAR STORIES

Meski Diproduksi Lokal, Hyundai Creta Tak Mendapat PPnBM 0 Persen

Meski Diproduksi Lokal, Hyundai Creta Tak Mendapat PPnBM 0 Persen Hyundai Creta

KabarOto.com - Hyundai Creta yang hadir di Indonesia ditawarkan dalam empat varian, yakni Active, Trend, Style, dan Prime, dengan 4 pilihan warna. Dibanderol mulai Rp 279 juta hingga Rp 399 juta.

Hyundai Creta dibekali unit mesin 4 silinder DOHC Smartstream 1.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga 115 dk di 6.300 rpm dengan 143 Nm di 4.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 6 percepatan atau otomatis IVT. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) selaku Agen Pemegang merek (APM) Hyundai di Indonesia mengklaim, mobil ini sudah dipesan 1.700 unit.

Baca Juga: Hyundai Creta Diklaim Sudah Terpesan 1.600 Unit

Meski Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut dibuat di dalam negeri, dengan komponen lokal, namun Hyundai Creta tidak mendapat insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dari pemerintah.

Lalu kenapa tidak mendapatkan relaksasi, padahal Honda HR-V yang merupakan pesaingnya diberi diskon PPnBM 0 persen pada tahun lalu. Makmur, Chief Operating Officer PT HMID mengatakan, harga Creta telah dianggap sesuai.

“Kami sudah menghitung harga dari awal peluncuran sampai di Februari 2022. Ketemulah di harga Rp279 juta sampai Rp399 juta," terang makmur, saat Hyundai Creta Media Test Drive, di Bali Rabu (26/01/2022). Harga yang yang disebut itu, sudah termasuk PPnBM 15%, dan termasuk Bea Balik Nama (BBN) tahun 2022.

Makmur menambahkan, setelah seluruh produk telah melakukan penyesuaian harga di awal tahun ini, namun harga yang mereka keluarkan sangat bagus dengan masyarakat Indonesia. Ditambah spesifikasi yang dimiliki.

Pria berkacamata ini pun menjelaskan soal perubahan kebijakan, diskon PPnBM yang akan kembali diberlakukan untuk mobil-mobil baru tahun 2022 ini sampai akhir tahun. Aturan itu menurutnya tidak berlaku untuk Creta.

Baca Juga: HMMI Mulai Produksi Hyundai Creta Di Pabrik Cikarang, Jawa Barat

“Yang baru di informasikan pemerintah baru dua jenis, untuk LCGC dan mobil harga di bawah Rp250 juta," tambahnya. Namun, juknis dari aturan ini belum dikeluarkan, apakah menggunakan harga on the road atau off the road, dan harga Creta sudah di atas itu, artinya tidak ada perubahan,” sambungnya.