Meski Pandemik, Permintaan Aksesori Motor Justru Meningkat

Meski Pandemik, Permintaan Aksesori Motor Justru Meningkat Aksesori dan part Racing Boy

KabarOto.com - Pandemik Covid-19 membuat perekonomian Indonesia terpuruk. Banyak masyarakat yang kehilangan mata pencaharian, karena perusahaan tempat mereka bekerja tutup. Bahkan, perusahaan yang masih bertahan tak sedikit yang memotong gaji pegawainya.

Lalu bagaimana industri aftermarket yang menghadirkan suku cadang dan aksesori sepeda motor di masa ini? Racing Boy atau yang lebih dikenal dengan RCB adalah merek yang memproduksi aksesori dan komponen untuk sepeda motor.

Baca Juga: Ada Pelek RCB Tipe 522 Untuk Motor Matic, Lebih Ringan Namun Kuat

Produk Malaysia ini dibawa ke Indonesia oleh PT Enwan Multi Partindo sebagai distributornya. Penjualan mereka saat ini relatif stabil, karena mereka tak menjual produk untuk konsumen menengah ke bawah. "Penjualan kami stabil, ada segmen menengah ke atas," terang Rio Tan, Promotion and technical support PT Enwan Multi Partindo.

Salah satu pelek merek RCB

Saat ini banyak pengguna motor yang bekerja di rumah, atau bahkan jika masuk kantor berselang beberapa hari. "Jadi mereka level tengah itu bosan, lebih baik modifikasi kendaraannya atau bongkar otak atik motor," terang Rio kepada KabarOto.com belum lama ini.

Bicara tentang jenis motor, saat ini aksesori untuk matik menjadi yang terbanyak. "Yang pasti saat ini banyakan matik ya mas," tambah dia. Untuk jenisnya, Rio membeberkan, di brake sistem, seperti kaliper, master rem. "Selanjutnya ada di sport pelek racing, juga knalpot racing," terangnya.

RCB sendiri memiliki jaringan distributor di seluruh Indonesia. Distributor tersebut menjual produknya dengan cara online dan off-line. Selama PPKM Rio mengaku tidak ada hambatan untuk pengiriman. "Kit masih terbanyak di daerah Jawa ya, meski ada penyekatan, tapi angkutan masih bisa masuk," tambahnya.

Sokbreker Scarlet

Jawa Timur merupakan market terbesar RCB. Produk yang dijual berkisar Rp600 ribu sampai Rp3,5 juta, tergantung dari model dan juga tipe barang. "Ya, saat ini masih oke. Stabil," tambah Rio.

Sementara itu, merek lainnya Scarlet Racing, juga mendapat banyak pesanan melalui e-commerce. Produk-produk yang paling banyak diminati adalah kaki-kaki, sokbreker, tromol, disc brake dan jari-jari.

Baca Juga: Konsisten Dukung Event Balap Motor, RCB Perkenalkan Pelek SP 522

"Produk yang laris untuk trail dan vespa. Itu yang banyak dicari," jelas Suwandi, Owner Scarlet Racing, beberapa waktu lalu. Dia menjelaskan, saat ini banyak anak-anak motor yang beralih ke trabasan di masa pandemik ini.