POPULAR STORIES

MG Maxus 9, Mobil Listrik Bisa Tempuh Jarak 540 Km Calon Pesaing Toyota Alphard

MG Maxus 9, Mobil Listrik Bisa Tempuh Jarak 540 Km Calon Pesaing Toyota Alphard MG Maxus 9 (Foto: Sanook)

KabarOto.com - MG Maxus 9 meluncur di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2023. Melihat dari ukurannya, mobil listrik full baterai ini bakal menjadi pesaing Toyota Alphard di segmen MPV premium.

Sebagai informasi, MG Maxus 9 diproduksi oleh SAIC Motor yang juga memproduksi mobil merek Wuling. Di Tiongkok, MG Maxus 9 dikenal dengan nama Maxus Mifa 9.

Secara dimensi, MG Maxus 9 memiliki panjang 5.270 mm, lebar 2.000 mm, tinggi 1.840 mm, dan jarak sumbu roda 3.200 mm. Jika dibandingkan dengan Toyota Alphard, mobil listrik ini memiliki ukuran lebih panjang. Toyota Alphard panjangnya 4.945 mm dan lebar 1.850 mm, serta memiliki jarak sumbu roda yang lebih pendek yaitu 3.000 mm.

Baca Juga: Toyota Mirai Terbaru Dilengkapi Fitur Perintah Suara 'Hei, Toyota'

Caption

MG Maxus 9 dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 90 kWh, dan diklaim mampu menempuh jarak 540 km menurut standar NEDC. MPV premium ini menggunakan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 241 dk dan torsi 350 Nm.

Pengisian daya baterai hingga penuh membutuhkan waktu 8,5 jam, atau mengisi daya dari 30-80 persen dalam waktu sekitar 36 menit dengan pengisian daya cepat DC berkapasitas 120 kW.

MG Maxus 9 ditawarkan dalam dua varian di Thailand, yakni X dan V. Varian standar mendapatkan pelek 19 inci, lampu depan LED, DRL, lampu belakang LED, sunroof depan, atap kaca panoramik, jok model captain seat di baris kedua dilengkapi fungsi pijat dan pemanas.

Baca Juga: Tahun Terakhir Toyota Camry Di Jepang, Penjualannya Kalah Dari Model SUV Dan Minivan

Secara dimensi diklaim lebih panjang dari Toyota Alphard

Area kabin, terdapat AC otomatis dengan ventilasi untuk baris kedua dan ketiga, penyaringan udara PM2.5, spidometer digital 7 inci, charger nirkabel, keyless entry and start, delapan speaker dan sistem sistem hiburan layar sentuh 12,3 inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Varian V mendapatkan semua fitur standar, dengan tambahan ban run-flat, jok kulit asli, jok depan bertenaga yang ditingkatkan dengan fungsi pijat, pemanas, ventilasi, dan memori sisi pengemudi, kursi captain seat baris kedua bergaya VIP, tampilan belakang digital mirror, empat speaker lagi (total 12) dan sembilan port USB.

Soal keselamatan, MG Maxus 9 dibekali fitur kontrol stabilitas, ABS, EBD, bantuan rem, hill start assist, penahan rem otomatis (bekerja dengan rem parkir elektronik), kemudian pemantauan tekanan ban atau TPMS, autonomous emergency braking, adaptive cruise control with traffic jam assist, lane departure warning, lane keep assist, blind spot monitoring, rear cross traffic alert, dan panoramic view monitor and all-around parking sensors.