POPULAR STORIES

MG ZS EV Resmi Dirakit Lokal, Harga Diumumkan Tahun Depan

MG ZS EV Resmi Dirakit Lokal, Harga Diumumkan Tahun Depan MG ZS EV (Foto: Sigit/KabarOto)

KabarOto.com - MG Motor Indonesia mengumumkan MG ZS EV menjadi mobil listrik pertamanya yang dirakit secara CKD (Completely Knocked Down).

Nantinya, MG ZS EV akan dirakit di fasilitas perakitan milik SAIC (Shanghai Automotive Industry Corporation) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

"Hari ini merupakan sejarah bagi perjalanan MG di Indonesia. Agustus lalu kami mengumumkan akan membangun mobilitas masa depan di Indonesia dengan menghadirkan pabrik perakitan kendaraan MG," ungkap Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin.

Baca Juga: Berawal Untuk Pasar Eropa, MG 4 EV Volcano Orange Resmi Masuk Indonesia

MG ZS EV akan dirakit di fasilitas perakitan milik SAIC

Pabrik MG di Cikarang akan beroperasi mulai Februari 2024, kapasitas produksinya mencapai 100 ribu unit per tahun. Di mana, MG ZS EV menjadi produk pertama yang diproduksi di fasilitas tersebut.

"MG ZS EV jadi produk pertama yang dirakit di pabrik MG di Cikarang mulai Februari 2024, kemudian menyusul MG 4 EV," tambah Arief.

Menurutnya, perakitan MG ZS EV dan 4 EV di Indonesia merupakan bentuk komitmen pabrikan untuk mendukung target pemerintah Indonesia dalam menambah jumlah KLBB (Kendaraan Listrik Berbasis Listrik) hingga 600 ribu unit pada tahun 2030, dan mendukung target pemerintah mencapai net zero emission pada 2060.

Baca Juga: Tempuh Jarak 16.000 Km, Mobil Listrik MG Cyberster Akan Keliling Dunia Termasuk Indonesia

Peluncuran MG ZS EV rakitan lokal

Dalam rangka mendukung kebijakan mobilitas hijau Indonesia, MG berkomitmen mencapai 40% kandungan lokal di awal operasi, dengan target meningkat hingga 60% di tahap selanjutnya. Pembangunan pabrik ini akan menciptakan ribuan pekerjaan langsung, dengan program pelatihan tenaga kerja yang memfokuskan pada pengembangan keterampilan di bidang manufaktur dan teknik otomotif.

Sayangnya, harga MG ZS EV rakitan lokal belum diumukan. "Harga masih digodok, dan akan diumumkan kalau sudah diproduksi tahun depan," tutup Arief.