Michelin Akan Jual Ban Mobil Tanpa Angin Tahun 2024

Michelin akan Jual Ban Mobil Tanpa Angin Tahun 2024 Ban tanpa angin Michelin (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Michelin pabrikan ban asal Prancis membuat gebrakan baru. mereka memproduksi ban tanpa angin yang diberi nama Uptis. Ban ini telah melalui rangkain uji coba, sejak 2019 lalu. Dan menurut rencana akan mulai dipasarkan pada tahun 2024 mendatang.

Uptis sendiri merupakan singkatan dari Unique Puncture-proof Tyre System. ban ini kontstruksinya dibuat khusus, dengan bentuk jari-jari yang tahan terhadap tusukan benda tajam dan juga kempis.

Baca juga: Michelin Menjadi Pemasok Ban Utama MotoGP Hingga 2026

Michelin Uptis ini dibuat dari bahan alumunium, struktur penahan bebannya terbuat dari plastik, diperkuat serat karbon (CFRP). bahan lainnya komposit karet fleksibel dan jari-jari yang dapat dideformasi. Ban ini anti bocor, dan bisa digunakan berbagai jenis pelek.

Michelin Uptis (Foto: Istimewa)



Uptis diklaim ramah lingkungan, karena bahan baku yang digunakn sedikit, serta tahan lebih lama. Menurut survei internal, setiap tahun sekitar 20 persen ban dibuang sebelum waktuny, karena kempes dan gundul yang tidak teratur. Totl ada sekitar 200 juta ban yang terbuang setiap tahun.

Ban canggih ini rencananya akan dipasarkan dengan mobil-mobil dari General Motors (GM) dan beberapa merek lainnya. Michelin sendiri, sudah mempromosikan ban ini di International Motor Show Germany (IAA).

Michelin di ajang tersebut sudah mendemonstrasikan penggunaan ban ini pada mobil. Pengunjung pameran juga berkesempatan untuk merasakan bagaimana menumpang di mobil yang dilengkapi dengan Uptis.

Baca juga: Michelin Temukan Masalah Kinerja Ban Di MotoGP Inggris 2021

Pengunjung yang sudah mencobanya merasa tidak ada perbedaan antara ban ini dengan ban biasa. "Itu adalah pengalaman luar biasa bagi kami, dan kepuasan terbesar kami datang di akhir demonstrasi ketika penumpang kami, yang sedikit waspada pada awalnya, mengatakan bahwa mereka tidak merasakan perbedaan dibandingkan dengan ban konvensional,” tutup Michelin Group Technical and Scientific Communication Director, Cyrille Roget.