Mitsubishi Eclipse Cross Punya Banyak Fitur Pendukung Keselamatan

Mitsubishi Eclipse Cross Punya Banyak Fitur Pendukung Keselamatan

KabarOto.com - Persaingan Sport Utility Vehicle (SUV) di kelas 1.500 cc, terbilang ramai di Indonesia. Apalagi rentangnya di angka 400-500 jutaan rupiah. ada yang menggoda dari brand asal Tiongkok seperti Wuling Almaz dan DFSK Glory 560, dari Eropa dihadirkan Peugeot 3008. Sedangkan dari Jepang ada Honda CR-V. Nah, Mitsubishi Eclipse Cross menjadi pilihan menarik yang harganya di bawah Rp 500 jutaan.

Mitsubishi Eclipse Cross memang bukan barang baru di Indonesia, sudah diperkenalkan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada 9 Juli 2019, desainnya memang menggoda bagi penggemar SUV yang ingin tampil beda. Kualitasnya juga tak diragukan, karena didatangkan langsung dari Jepang.

Baca juga: Performa Mitsubishi Eclipse Cross Ditunjang 9 Fitur Keamanan Ini

Jantung mekanis Eclipse Cross mengandalkan mesin bensin 4 silinder DOHC MIVEC dengan Turbocharged berkapasitas 1.500 cc. Untuk transmisinya mengandalkan INVECS-III CVT yang mendukung efisiensi bahan bakar dan akselerasi terasa lebih nyaman.

Perkenalan Mitsubishi Eclipse Cross



Oh iya, Mitsubishi Eclipse Cross juga ditawarkan dengan tiga tipe pilihan yakni entri level di angka Rp 488.750.000 untuk Eclipse Cross Ultimate A/T 1.5L Turbo warna Amethyst Black. Kemudian untuk Eclipse Cross Ultimate A/T 1.5L Turbo Silky White harganya Rp 491.750.000 dan untuk paling mahal adalah Eclipse Cross Ultimate A/T 1.5L Turbo Red Diamond di angka Rp 493.750.000.

Dinamic Shield yang menjadi identitas Mitsubishi terlihat di bagian wajah Mitsubishi Eclipse Cross. Menyegarkan kembali ingatan Sobat KabarOto terhadap mobil yang diluncurkan di Geneva Motor Show 2018 ini, ternyata banyak fitur yang diboyong.

Kasat mata, sorotan projector LED menjadi andalan penerangan dan diyakini pendarannya tak menyilaukan pengendara lain. Bahkan sudah Auto headlight, ketika melewati lokasi yang gelap seperti terowongan, lampu depan akan otomatis memberikan penerangan. Serta adanya Automatic High Beam (AHB), sudut jauh penerangan akan disesuaikan secara otomatis bila menjumpai kendaraan di depan, sehingga tak mengganggu pandangan pengendara lainnya.



Yup, Eclipse Cross ini banyak yang tak menyadari bahkan sedikit yang mengulas bahwa punya keunggulan dalam hal fitur pendukung keselamatan berkendara.

Tapi sebelum jauh membahas fitur yang diusung, Eclipse Cross ini andalkan mesin bensin 4 silinder DOHC, MIVEC dengan Turbocharged berkapasitas 1.500 cc. Mampu menghasilkan tenaga sebesar 152 dk dan torsi 249 Nm. Transmisinya mengandalkan INVECS-III CVT yang mendukung efisiensi bahan bakar dan akselerasi terasa lebih nyaman, karena dapat dimainkan hingga delapan percepatan melalui paddle shift.

Nah, kembali membahas fitur pendukung keselamatan Eclipse Cross, punya Active Yaw Control. Fitur ini memungkinkan pengendara bisa mengontrol lebih baik kendaraan di tikungan meski kecepatan terlewat tinggi. Kemudian didukung oleh Active Stability & Traction Control (ASTC). Fitur ini akan menyala otomatis ketika roda kehilangan kendali di jalan licin. Seketika akan mengatur kecepatan mesin dan mengaktifkan rem pada roda tertentu, sehingga akurasi kemudi bisa lebih baik.

Adanya kamera dan radar laser di bagian depan Eclipse Cross, sebagai fungsi pencegahan dan meminimalisir insiden dari depan. Mampu mendeteksi kendaraan lain atau pejalan kaki yang disebut fitur Forward Collision Mitigation System (FCM).

Perlindungan di kabin juga sangat baik, wajar bila Eclipse Cross menyandang lima bintang keselamatan ASEAN NCAP 2018. Airbag terdapat 7 buah yang tersebar di bagian depan, samping, jendela hingga bagian kaki pengendara dan penumpang depan.



Ketika berada di jalur bebas hambatan, pengendara bisa menggunakan Adaptive Cruise Control (ACC). Fitur ini bisa menjaga jarak dengan kendaraan di depan berkat adanya radar. Kewaspadaan berkendara juga meningkat, berkat adanya Blind Spot Warning (BSW) di tiap ujung spion luar, sehingga sangat membantu saat ingin berpindah jalur.

Rear Cross Traffic Alert (RCTA) juga sangat membantu pengendara ketika ingin keluar dari parkiran saat mundur. Berupa indikator akan menyala saat menjumpai ada kendaraan lain di belakang. Pengendara akan dipetingatkan berupa tanda di Multi-information Display dan indikator berkedip di dua sion dan didukung bunyi buzzer.



Ketakutan pengendara saat parkir di gedung tak akan timbul saat membawa Eclipse Cross. Karena sudah disematkannya Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS), mobil akan terhindar dari benturan baik depan ataupun belakang.

Baca juga: Fitur Modern Ini Bantu Mitsubishi New Triton Menjelajah Medan Off-Road

Fitur keselamatan lainnya adalah Hill Start Assist (HSA) akan membantu pengendara mulai melaju di tanjakan. HSA akan menjaga mobil agar tidak mundur selama dua detik setelah pedal rem dilepas. Electric Parking Brake with Brake Auto Hold juga akan membantu mobil tetap diam walaupun pedal rem dilepaskan.

Bergaya mobil sport, detail shark fin di bagian atap befungsi sebagai antena. Guna mengakses kabin Mitsubishi Eclipse Cross sudah menerapkan Keyless Operation System.