POPULAR STORIES

Mobil Listrik Otonom Karya Pemuda Surabaya Hadir Di PEVS 2022

Mobil Listrik Otonom Karya Pemuda Surabaya Hadir di PEVS 2022 Vixmo Zero (Foto: Kabaroto/Rizky)

KabarOto.com – Dalam ajang Perikilindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 banyak pabrikan dalam maupun luar negeri unjuk gigi dalam menghadirkan kendaraan listrik andalan mereka masing-masing. Salah satunya Vixmo yang menghadirkan mobil listrik otonom.

Baca Juga : DFSK Mini EV Bakal Dijual Di Indonesia? Ini Jawaban Sokonindo

Perangkat LIDAR

Selama PEVS 2022, para pemuda asal Surabaya ini menghadirkan Vixmo Zero. Mobil buatan pertama mereka ini berbasis dari Proton Savvy lansiran 2007 yang kemudian dikonversi menjadi mobil listrik. Menariknya, Vixmo Zero ini dibekali teknologi LIDAR (Light Detection and Ranging) untuk sistem otonomnya. Mobil tersebut dibuat selama kurang lebih 2,5 tahun.

“Jadi, Vixmo ini memiliki target besar untuk konversi mobil listrik dan pembuatan sistem otonom. Saat ini, kami membawa salah satu mobil purwarupa pertama kami yang disebut sebagai Vixmo Zero,” ungkap Mukhammad Wildan selaku Tag Team Lead Vixmo.

Sistem LIDAR ini memiliki kumpulan sensor dan kamera untuk membaca kondisi jalan. Lalu, sistem ini terhubung dengan computer yang diletakan di bagian bagasi mobil.

Baca Juga : NIU Hadirkan Dua Motor Listrik Edisi Spesial Di PEVS 2022

Untuk penggeraknya, mengandalkan motor listrik dari motornergy 616 dengan keluaran tenaga 25 kW yang diletakan di roda depan. Sedangkan posisi baterai cell 18650 dari LG berkapasitas 22 kWh ini diletakan di bagian posisi tangki bensin. Untuk pengisian daya sendiri membutuhkan waktu sekitar 9 jam dengan asumsi pengisian dengan kapasitas 6.600 Watt.

“Vixmo Zero ini menjadi salah satu riset kami untuk produk selanjutnya. Nantinya, kami akan membuat mobil yang buatan lokal tanpa basis dari mobil pabrikan lainnya. Mobil tersebut disebut Vixmo Alpha, nantinya bisa menjadi taksi otonom yang dapat memuat empat penumpang. Selain itu, mobil ini memiliki keunggulan dapat memperpendek sasis agar menghemat tempat saat parkir,” tutup Wildan.

Vixmo Alpha (foto : Vixmo)