POPULAR STORIES

Mobil Matik Terendam Banjir, Perhatikan Hal Ini Biar Kantong Tak Jebol!

Mobil Matik Terendam Banjir, Perhatikan Hal Ini Biar Kantong tak Jebol! Sebuah mobil di kawasan Bekasi, Jawa Barat terendam Banjir

KabarOto.com - Hujan yang mengguyur beberapa daerah di Indonesia khususnya Jakarta, Bekasi, dan Tangerang membuat para pemilik mobil tidak sempat memindahkan mobil-mobil mereka dari dalam garasi. Alhasil, mobil kesayangan banyak yang terendam banjir.

Bagi Anda yang memiliki mobil matik dan baru saja terendam banjir mungkin bingung apa yang harus dilakukan sebelum membawa ke bengkel. Hermas Prabowo, teknisi ahli dari Worner Matic, bengkel spesialis untuk mobil matik memberikan beberapa tips usai mobil terendam banjir.

Baca Juga: Kendaraan Terendam Banjir? Ini Langkah Awal Yang Harus Dilakukan

Pertama, geser tuas ke N dengan menekan shift lock. Tarik mobil dari lokasi banjir sesegera mungkin, saat kondisi sudah memungkinkan. Makin lama terendam, potensi kerusakan makin parah.

Kedua jangan sekali-kali mencoba menghidupkan mesin mobil. Meskipun hanya sesaat atau coba-coba. Jangan pula melakukan jumper baterai. Biasanya pemilik mobil dengan segera menghidupkan mobilnya untuk memindahkan ke tempat yang lebih aman atau membawa langsung ke bengkel. Hermas menyarankan agar tidak melakukan hal tersebut.

Langkah ketiga melepas konektor baterai di kutub negatif. Hal tersebut guna menghindari dampak buruk lain pada sistem kelistrikan.

Hermas pun menyarankan langkah awal jika terendam hanya sampai di langkah ke- 3 saja. Selanjutnya pekerjaan lebih baik dilakukan oleh tenaga ahli seperti mekanik profesional di bengkel.

“Usahakan jangan mencoba untuk menangani apapun sendiri, karena mobil matik sepenuhnya dikendalikan oleh sistem elektrik. Penanganan awal yang salah bisa membuat kerusakan meluas dan parah,” terangnya.

Dan, yang terakhir, segera panggil towing dan bawa mobil matik ke bengkel yang sudah berpengalaman di sistem mekanis, hidraulik, kelistrikan, dan komputer mobil matik.

“Jangan berspekulasi, cari bengkel yang benar-benar profesional,” tambahnya. Dia juga menyarankan untuk hindari pengerjaan di rumah. Karena menurutnya keterbatasan alat seperti kompresor angin, alat kelistrikan dan scan tool membuat hasil kerja tidak maksimal.

Baca Juga: Mobil Terendam Banjir, Ini Yang Perlu Dibersihkan Serta Biayanya!

Adanya penanganan yang tepat dan tidak terlambat, mobil matik Sobat KabarOto dipastikan bisa diselamatkan tanpa biaya yang besar dan kerusakan yang parah.