POPULAR STORIES

Mobil Tidak Digunakan Selama Lebaran, Perhatikan Hal Ini

Mobil Tidak Digunakan Selama Lebaran, Perhatikan Hal Ini Parkir mobil di garasi

KabarOto.com - Saat mudik dilarang, tentu mobil tidak akan digunakan dalam jangka waktu panjang. Masyarakat memilih berlebaran mengunjungi sanak keluarga terdekat. Bahkan sebagian besar memilih menggunakan sepeda motor, untuk menghindari kemacetan. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan saat meninggalkan mobil di garasi atau parkiran.

Berikut hal yang harus diperhatikan:

1. Perhatikan lokasi parkir
Mobil yang terkena sinar matahari dan hujan, bisa cepat kusam, warna pudar dan kotor. Untuk itu, parkir kendaraan di garasi atau carport. Jika memang tiak memiliki garasi, bisa gunakan cover mobil untuk melindungi cat.

Baca juga: Ini Keuntungan Merawat Mobil Di Bengkel Resmi

2. Cuci mobil sampai bersih
Meski ditinggal di rumah, namun mobil bisa kotor terkena debu dan hujan, sehingga harus dibersihkan. Kabin juga harus dibersihkan mengingat sering dipakai beraktivitas dan mencegah masuknya binatang liar.

Rem tangan tidak perlu digunakan saat parkir lama

3. Keluarkan barang probadi dari dalam mobil
Keluarkan barang pribadi seperti kartu e-toll, kacamata, pemantik api, power bank, sepatu, dan barang berharga lainnya untuk menghindari dari risiko tidak terduga seperti pencurian atau kebakaran.

4. Tambah tekanan angin ban
Mengisi tekanan angin seluruh ban mobil sedikit lebih tinggi dari rekomendasi pabrikan sekitar, 5 PSI. Karena tekanan angin ban mobil yang berdiam di rumah akan lebih cepat berkurang.

5. Hindari pnggunaan rem parkir dan isi penuh tangki bensin
Kampas rem dapat menempel kuat ke bagian dalam tromol dan sulit lepas karena mobil diparkir terlalu lama. Untuk itu, disarankan melepas rem parkir dan gunakan pengganjal ban.

Sementara itu, bahan bakar di dalam mobil yang ditinggal dalam jangka waktu lama tidak bisa dibiarkan kosong, karena akan mengakibatkan oksidasi dan membuat karat timbul di dalam tangki bensin.

Tekanan angin harus ditambah dari standar yang ditentukan

Baca juga: Begini Cara Mudah Merawat Pintu Geser Mobil

6. Panaskan dan jalankan mobil
Mesin mobil harus dipanaskan seminggu dua kali selama 10 menit untuk mengisi arus aki dan oli mesin bersirkulasi. Bawa mobil keliling lingkungan rumah agar ban berputar dan terhindar dari kerusakan akibat hanya bertumpu di satu titik.

7. Waspadai kebocoran
Lakukan pemeriksaan secara berkala ke seluruh bagian mobil, seperti ruang mesin, kabin, hingga bagian kolong untuk memastikan tidak ada kebocoran.

8. Perbaiki bodi dan rawat kabin kendaraan
Selagi tidak ada kegiatan rutin, Anda bisa memanfaatkan momen libur Lebaran untuk memperbaiki bodi kendaraan yang rusak.