POPULAR STORIES

Model Pelek Aftermarket Trendy Saat Ini

Model Pelek Aftermarket Trendy Saat ini Foto : Deddy / KO

KabarOto.com – Sebagian orang mungkin setuju, salah satu part paling berpengaruh terhadap tampilan mobil adalah pelek. Biasanya pemilik mobil mengganti pelek dengan tujuan ingin meng-upgrade tampilan, atau memang diperuntukan keperluan performa, dan sebagainya.

Zaman sekarang, sangat banyak model pelek aftermarket beredar dipasaran, hal ini juga dipengaruhi oleh beragamnya gaya modifikasi setiap orang, ada rally look, Stance, street racing, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu pabrikan mulai berinovasi mengeluarkan model baru sehingga mampu memenuhi setiap kebutuhan jenis modifikasi.

Model pelek Rays CE28 untuk mobil Toyota Fortuner, atau Mitsubishi Pajero.

Tapi model pelek apa sih yang paling dicari saat ini? “Kalau paling sering dicari saat ini sih model dari merek-merek Jepang yah, seperti Volk Rays, Enkei, Work, Advan, dan lainnya,” ujar Yopie Karuci selaku owner SM Motorsport.

Baca Juga : Torsion Tawarkan Pelek Original Buatan Indonesia

Model pelek Jepang sangat beragam, paling terkenal seperti kita tahu adalah Rays TE37, Rays CE28, Advan RG1, Weds Sport TC005, Enkei RPF1, Enkei NT03, Work Emotion, dan masih banyak lagi. Banyak pilihannya sob, tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan mobil kalian.

Ada juga model Enkei RPF1.

Ukurannya kalau untuk city car yang punya body kecil, paling banyak menggunakan ukuran 15 – 16 inci. Sementara kalau MPV, dan SUV berbody besar memakai ukuran cukup besar yakni 16 inci sampai paling besar 20 inci. Kalau mau spesifikasi ekstrem bisa menggunakan ukuran 22 inci.

Sementara jika ditanya apakah pelek yang beredar di pasaran semua merupakan produk original? Ternyata tidak loh, ternyata secara kuantitas masih banyak mencari pelek replika. “Kalau berbicara pelek replika dan original, secara kuantitas sih lebih banyak orang mencari pelek replika ketimbang original, sebab harganya kan terpaut cukup jauh,” lanjut pria ramah tersebut.

Tapi walau replika atau biasa dikenal pelek TW, kualitasnya ternyata sudah dites kok sob “Kalau kualitasnya sih pastinya jauh lebih kuat dan ringan original dong, tapi pelek replika sekarang juga aman kok, karena sudah dites SNI sehingga kekuatan dijamin aman kalau untuk pemakaian sehari-hari, tapi memang lebih berat saja karena material pembuatannya,” jelasnya.

Baca Juga : Pako Wheel Sajikan Pelek Off-road Lokal Berkualitas

Lalu berapa biayanya kalau mau ganti pakai pelek aftermarket, untuk harga 1 set pelek saja mulai ring 15 inci dijual Rp 3.5 juta, jika 1 paket dengan ban harganya berkisar Rp 6 juta sudah include balancing, nitrogen dan pasang. Harga akan lebih mahal jika ukuran pelek semakin besar.

Pelek original Rays TE37 made ini Japan.

Kalau pelek original, harga baru paling murahnya sudah bisa mencapai angka Rp 30 jutaan, asyiknya kita bisa pesan ukuran sesuai kita mau loh, “Disini kita bisa pesan pelek dari Jepang original ada Work, Enkei, Rays, Advan bisa kita pesan baru. Tapi agak lama karena harus memastikan barangnya ready stock atau tidak di Jepang, terus jadwal produksi juga, karena tidak bisa kita pesan langsung produksi. Kecual merek HRE atau ADV, bisa custom paling tunggu 5 bulan pelek sudah sampai Indonesia,” tutupnya pada tim KabarOto.