Modifikasi Audio Mobil? Jangan Lupa Perhatikan Kemampuan Aki Atau Baterai

Modifikasi Audio Mobil? Jangan Lupa Perhatikan Kemampuan Aki atau Baterai

KabarOto.com - Aki atau baterai mobil punya peran yang sangat vital. Apalagi jika kelistrikan sudah di modifikasi seperti penggunaan sistem audio car entertainment, tentunya sumber kelistrikan yang digunakan untuk mengaktifkan semua perangkat audio berasal dari aki.

Mendapatkan kualitas audio yang baik, ada beberapa faktor yang mesti diperhatikan seperti besarnya ampere pada aki hingga yang mendetail seperti dimensi kabel positif (+) dan negatif (-) pada aki yang sama besar.

Terlebih lagi pada audio dengan konsep SPL (Sound Pressure Level), menurut Qobul sebagai audio installer dari Lutfi Audio, aki yang cocok untuk perangkat audio adalah yang dapat menyuplai kebutuhan listrik secara konstan dan stabil.

“Saat dentuman subwoofer terjadi secara kencang, ada kondisi kemampuan aki mengeluarkan daya sesaat yang dinamakan CCA (Cold Cranking Amp) sehingga suplai listrik menjadi turun sejenak karena hal tersebut menyedot ampere dalam jumlah relatif besar,” jelasnya.

Baca Juga: Audio Toyota Land Cruiser Sahara Ini Hasil Garapan Ahli Elektro Dan Modifikator

Mirin dari Pelangi Audio, menjelaskan bahwa faktor utama dari sebuah aki dengan kualitas baik untuk audio adalah pengisian yang lancar, cepat atau fast charging serta ampere dan voltase yang besar.

Tidak hanya itu, pria yang membuka tokonya di daerah Puri Agung Cengkareng, Jakarta Barat ini juga mewajibkan menggunakan alternator dengan daya besar agar seimbang dengan kinerja aki.

“Jika dalam kasus tertentu seperti modifikasi audio ekstrim untuk kontes SPL, biasanya saya gabungkan 5 buah aki 70-80 Ampere dan mengoptimalkan voltase yang awalnya 14,3 – 14,5 volt menjadi 15 volt, lebih dari itu perangkat audionya yang sudah pasti rusak,” jelas pria subur ini.