POPULAR STORIES

Mohon Bersabar, Tol Japek 2 Ditargetkan Selesai Maret 2019

Mohon Bersabar, Tol Japek 2 Ditargetkan Selesai Maret 2019 Jalan Tol Jakarta-Cikampek (KO/Edo)

KabarOto.com - Pembangunan jalan tol Jakarta-Cikampek 2 Elevated (Japek 2) yang bertujuan mengurai kemacetan di ruas tol tersebut saat ini telah mencapai 49,4%. Ruas tol sepanjang 38 km mulai dari simpang susun (SS) Cikunir hingga Karawang tersebut, ditargetkan selesai pada akhir Maret 2019.

Selama menunggu target tersebut selesai, rasanya para pengendara yang melintas di jalur tersebut harus bersabar dan ekstra hati-hati. Karena di ruas tersebut sering dilanda kemacetan parah, bahkan hingga tengah malam yang biasanya puncaknya di akhir pekan.

Pemasangan grider yang sering menyebabkan kemacetan

Hal tersebut terjadi karena adanya penyempitan jalur selama pembangunan tol elevated (tingkat), serta banyak ditemukan kontur jalan yang tidak rata, sehingga para pengemudi harus membutuhkan konsentrasi lebih.

Menteri Basuki saat meninjau Tol japek 2

Menteri Basuki mengatakan dengan adanya Tol Japek 2 akan memisahkan pengguna tol jarak jauh dengan pengguna jarak dekat.

Pengendara yang menempuh jarak jauh bisa menggunakan Tol Japek 2 dan turun di ujung jalan tol layang, sehingga akan mengurai kepadatan dan memangkas waktu tempuh, baik kendaraan yang menuju kawasan industri di Karawang atau Cibitung maupun yang menuju Cikampek - Semarang dan Padalarang - Bandung.

“Pembangunan ruas tol ini merupakan bagian dari tol Trans Jawa yang sudah akan tersambung pada akhir 2018. Keberadaan tol ini tentunya akan memperlancar pergerakan orang dan barang, serta memangkas biaya logistik maupun delivery time sehingga bisa lebih efisien,” jelas Basuki Minggu (14/10/2018).

Baca Juga: Ini Rasanya Lewat Tol Depok-Antasari

Jalan tol ini merupakan prakarsa badan usaha (unsolicited project) dengan hak pengusahaan dipegang oleh PT. Jasamarga Jalanlayang Cikampek dengan biaya konstruksi Rp 13,53 triliun. Biaya konstruksi tol layang tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan konstruksi tol biasa (at-grade).

“Saya minta para konsultan dan kontraktor pelaksana agar mematuhi SOP keselamatan dan kesehatan kerja (K3), serta disiplin waktu pelaksanaan. Jangan kendor dan jangan menyepelekan hal-hal yang yang menimbulkan risiko kecelakaan sehingga bisa mencapai zero accident," tegas Basuki saat meninjau lokasi pembangunan Tol Japek II beberapa waktu lalu.