POPULAR STORIES

Motor Listrik Saingan Gesit Diperkenalkan

Motor Listrik Saingan Gesit Diperkenalkan

KabarOto.com - Belum juga di realisasikan, Motor Listrik Gesit sudah ada saingannya. Adalah motor skuter listrik bernama Lincah yang baru saja diperkenalkan pada masyarakat Indonesia di kawsan BSD, Kabupaten Tangerang. Motor yang dibuat oleh PT Fresindo (Lincah Group) menggunakan dua baterai yang bekerja secara bergantian untuk mencegah panas.

Baca Juga: Pemerintah Targetkan Populasi Motor Listrik Di Dalam Negeri Sebanyak 2 Juta Unit Pada 2025

Kristian Sutikno, Kepala Engineering Lincah Group mengatakan, Lincah sudah diproduksi dan dirakit di Pusat Industri Kecil (PIK) Penggilingan, Jakarta Timur. Motor ini 60% sudah menggunakan komponen lokal.

Beberapa bahan utama dibuat di beberapa daerah, nantinya semua komponen tersebut dikirim ke Penggilingan dan dirakit di Penggilingan," kata Kristian.

Lincah menggunakan baterai lithium fospat (LiFePO4) 72 volt 28 AH (2016 WH). Baterai ini merupakan generasi baru, lithium yang lebih hemat dan bertenaga dibanding model lithium biasa.

Baca Juga: Motor Listrik SOIB Harganya Murah Tapi Tidak Murahan

Baterai motor listrik ini berdaya 1 kwh per baterai, karena menggunakan dua baterai, kendaraan ini mampu menempuh perjalanan hingga 100-120 km. Motor listrik ini jika disamakan dengan motor konvensional punya tenaga setara dengan 100 cc.

Motor listrik lincah mampu melaju hingga 70 kpj, dan untuk sistem pengereman menggunakan rem cakram di bagian depan dan belakang.