Niat Bangun Mobil Retro, Perhatikan Bagian-Bagian Ini!

Niat Bangun Mobil Retro, Perhatikan Bagian-Bagian Ini! Jajaran Datsun Retro yang sudah dimodifikasi

KabarOto.com - Mobil retro klasik kini semakin banyak diburu oleh pencinta otomotif di Indonesia. Sebut saja Toyota Kijang, DX Toyota Corolla, Datsun, Mercedes-Benz dan masih banyak yang lainnya. Mobil-mobil ini sebelumnya di era tahun 2000an hanya sebagai mobil tua yang tidak laku jika dijual. Kebanyakan mobil-mobil ini hanya berada di garasi pemilik lamanya, berdebu dan tidak bisa hidup.

Namun ada juga yang masih menggunakannya saat akhir pekaan untuk sekedar memanaskan mesin berkeliling sekitaran rumah. Karena mesin yang tua membuat mobil-mobil tersebut tidak kuat lagi digunakan untuk jarak jauh.

Baca Juga: Rayakan Ultah Ke-7, Klasik Retro (Katro) Undang Puluhan Komunitas

Kini mobil tersebut seperti barang antik yang banyak diburu oleh kawula muda. Sebut saja Datsun 1.600 cc buatan tahun 1973 dan DX Toyota Corolla buatan tahun 1980an. Harga normalnya saat ini dikisaran Rp 50 juta sampai dengan Rp 80 juta dengan kondisi yang masih cukup baik.

Caption

Nah, buat Anda yang tertarik untuk membeli mobil retro dan membangunnya kembali mungkin ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Tanto, dari Bintang Automotive memberikan beberapa tips memilih mobil retro yang masih orisinil.

1. Cek bagian bodi
Cek bodi-bodi secara keseluruhan, mobil tua biasanya ada bagian yang kropos-kropos. Jika ditemukan kropos sedikit itu wajar, karena umurnya sudah puluhan tahun, namun jika kroposnya banyak mungkin harga bisa dipertimbangkan atau bahkan mungkin tidak usah dibeli. "Kalau kroposnya dikit itu wajar, tapi kalau banyak mending enggak usah, karena nanti akan dilepas semua itu, cat ulang lagi," terang Tanto kepada KabarOto di bengkelnya kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

2. Interior
Kemudian bagian interior juga harus dilakukan pengecekan. Diusahakan menurut Tanto bagian-bagian dalamnya masih orisinil. "Pasti ada lah masih orisinil interiornya, kalau ada sedikit yang kurang sih kagak masalah masih bisa diperbaiki, enggak terlalu mahal juga harganya untuk rapihin interior supaya mulus lagi," terangnya.

3. Perhatikan bagian list jendela
List jendela menjadi satu penilaian jika ingin membeli mobil retro. Karena menurut Tanto ada beberapa mobil seperti Datsun yang listnya susah atau langka. "Kalau DX kan banyak, yang agak sudah itu Datsun, makanya perhatikan juga bagian itu karena barangnya agak sulit mencarinya."

4. Mesin
Mesin merupakan bagian yang cukup krusial. Jika ingin menggunakan mesin lama, maka yang harus dilakukan saat membeli mobil retro adalah nyalakan mesin kemudian gas atau digeber, mengeluarkan asap putih atau tidak. Kalau keluar asap putih itu kemungkinan bagian klepnya. "Terus kalau pas digeber ada bunyi krak itu pasti ada gangguan, mesti turun mesin, tapi ga masalah juga sih bisa kita perbaiki atau ganti mesin," terangnya.

5. Kaki-kaki
Kaki-kaki juga harus dilakukan pengecekan. Untuk memastikan jika mobil tersebut layak jalan. "kaki-kaki itu nanti bisa kita ganti semua, jadi kagak terlalu masalah sih," tutupnya.

Pastikan dari kelima item tersebut sudah terperiksa dengan teliti, setidaknya bisa menekan bajet perbaikan. Bila pendanaan membangun mobil retro tak terbatas dan terlalu ngebet dengan salah satu jenis mobil retro, lakukan sepuasnya!

Berita Terkait

Berita Terkait