Nikmat Nih, Honda HR-V Di Eropa Pakai Mesin Civic Turbo

Nikmat Nih, Honda HR-V di Eropa Pakai Mesin Civic Turbo Foto: hondanews.eu

KabarOto.com – Tidak hanya di Indonesia, eksistensi SUV dari Honda yang satu ini yaitu HR-V, ternyata disukai juga di pasar Eropa. Modelnya yang compact dengan ground clearance tinggi, dapat memberikan kenyamanan melintas berbagai medan jalan.

Jika tipe HR-V di Indonesia yang paling bertenaga memiliki mesin berkapasitas 1.800 cc dengan tenaga 141 dk. Bedanya, versi baru HR-V Sport Eropa mendapatkan sokongan mesin dari Civic Turbo.

Walau kapasitas mesin lebih kecil, hanya 1.500 cc, namun dengan teknologi VTEC Turbo, membuat SUV ini memiliki tenaga sebesar 179 dk dan torsi 240 Nm. Yang diteruskan ke 2 pilihan transmisi yaitu 6 percepatan manual atau CVT.

Baca Juga: Profil Honda HR-V Facelift 2018

Serunya nih, dengan dimensi yang lebih kecil yaitu 4.294 mm x 1.772 mm x 1.580 mm, HR-V dipercaya bakal lebih asyik dikendarai. Sebab, bobotnya hanya 1.220 kg.

Bandingkan dengan Civic Turbo yang memiliki dimensi bodi 4.630 mm x 2.075 mm x 1.416 mm, punya bobot sedikit lebih berat yakni 1.326 kg. Pun output tenaganya lebih kecil, yakni ‘hanya’ 173 dk dengan torsi 220 Nm.

Alhasil secara power to weight ratio, HR-V punya angka lebih baik, sebab tiap dk tenaga yang dihasilkan hanya cukup mebopong beban seberat 6,8 kg, bandingkan dengan Civic Turbo yang tiap dk tenaganya mesti membawa beban 7,6 kg.

Baca Juga: First Drive Honda HR-V Facelift 2018

Mendapat sokongan mesin yang lebih bertenaga dan kencang, tentunya harus diimbangi fitur keselamatan yang lebih. Mobil ini memiliki roll-bar adaptif yang dapat meningkatkan kestabilan yang lebih baik saat berbelok, serta meningkatkan kenyamanan jika melewati jalan bergelombang.

Namun, belum diketahui apakah nantinya diameter rem yang digunakan akan diperbesar oleh Honda atau tidak, sebab rem dari HR-V ini sendiri sudah mengusung cakram depan - belakang.

Tetapi yang pasti fitur-fitur Honda Sensing akan disematkan, untuk mengimbangi power-nya yang besar, serta memenuhi regulasi keselamatan di Eropa.

Tidak hanya itu, ubahan juga dilakukan pada bodi. Memang minor, sebab masih mirip dengan desain HR-V yang beredar di Indonesia.

Pembedanya, fog lamp versi Eropa memiliki bentuk bulat bukan seperti versi lokal yang menggunakan LED. Gril juga mengusung warna hitam glossy yang menyatu ke head lamp. Adapula tambahan lips splitter depan.

Bagian samping dari mobil ini masih sangat mirip dengan versi lokal, tidak ada perubahan secara signifikan. Hanya ada tambahan side skirt hitam dan juga pelek khusus hitam doff berukuran 18 inci, yang membuat kesan sporty semakin kental.

Baca Juga: Ulasan Lengkap Tentang Sejarah Honda Civic Type R

Barulah di bagian belakang yang membuat iri versi lokal. Contohnya adalah lampu remnya, walau memiliki model sama, namun saat menyala, versi Eropa sudah mengusung model 2 garis seperti lampu aftermarket. Uniknya lagi, knalpot mobil ini tentunya bukan hanya 1 melainkan dual exhaust yang sama seperti Civic Turbo.

Bagian depan sudah diulas, bagaimana interiornya? Tentunya ada perbedaan dengan versi lokal, dimana interior dari HR-V ini memiliki dominasi warna hitam dari mulai panel interior, hingga plafon. Yang spesial yaitu penggunaan bahan kulit berwarna merah tua pada bagian-bagian soft touch, juga jok yang menggunakan warna dual tone hitam-merah tua.

Spidometer memiliki lampu iluminasi berwarna biru, berbeda dengan HR-V lokal yang menggunakan warna putih. Lengkapnya lagi, setir memiliki fitur dengan tombol untuk mengangkat dan menutup telpon. (Deddy Darmanto)