POPULAR STORIES

Nissan Siap Produksi GT-R50, Ini Kisaran Harganya!

Nissan Siap Produksi GT-R50, Ini Kisaran Harganya! Nissan GT-R50 (ist)

KabarOto.com - Masih ingat dengan mobil konsep Nissan GT-R50 yang dirancang khusus oleh Italdesign? Nah, ada kabar baik nih. Karena menurut laman CarAdvice, Nissan telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya siap untuk membawa GT-R50 kedalam jalur produksi.

Mobil prototipe GT-R50 pertama sebenarnya pernah tampil dalam ajang Goodwood Festival of Speed di Inggris beberapa waktu lalu. Kehadirannya cukup membuat publik penasaran.

Namun sayangnya, sesuai dengan nama yang disandang, Nissan hanya akan membuat GT-R50 sebanyak 50 unit saja. Besar kemungkinan mobil ini akan jadi rebutan para kolektor dan pecintanya.

"Ini adalah produk langka untuk memperingati momen emas 50 tahun Italdesign dan Nissan di dunia otomotif," ujar Alfonso Albaisa, Nissan Senior Vice President for Global Design.

Pada versi konsep, GT-R50 tampil dengan warna two tone, liquid kinetic gray yang merupakan perpaduan warna abu-abu dan emas. Namun untuk versi produksi, Nissan akan memberikan pilihan warna lainnya, sesuai keinginan pembeli.

Bagian belakang tampak sporty

Secara keseluruhan dimensinya mirip dengan GT-R yang beredar saat ini, namun tingginya lebih rendah 54 mm, dan dilengkapi dengan sayap belakang berukuran besar yang dapat diatur level ketinggiannya.

Baca Juga: Deretan Mobil Modifikasi Keren Di The Elite Show Case 2018

Rumah desain Italdesign yang bermarkas di Italia juga melakukan inovasi pada lampu utama dengan LED motif garis melintang, dan intake udara berbentuk vertikal.

Seperti luarnya, tema emas juga terlihat di bagian dalam, khususnya dasbor dengan desainnya yang futuristik. Bagian dasbor dilapisi kulit Alcantara berwarna hitam dengan beberapa bagian dihiasi dengan serat karbon.

Nuansa emas masuk hingga ke interior

Pada dasarnya GT-R50 dibangun dari basis GT-R Nismo facelift, dengan menggendong mesin VR8DETT V6 3.8 liter yang telah direkayasa ulang. Hasilnya, mesin tersebut mampu meletupkan tenaga maksimalnya hingga 720 dk pada 7.100 rpm, dan torsi sebesar 780 Nm mulai dari putaran mesin 3.600 rpm hingga 5.600 rpm.

Mesinnya tersebut diklaim memiliki tenaga ebih besar 120 dk dan torsinya lebih besar 128 Nm dibanding GT-R Nismo. Nissan mengklaim jika lonjakan tenaga dan torsi tadi terwujud berkat penggunaan turbo charger dan intercooler dengan ukuran yang lebih besar, serta injektor bahan bakar dengan kemampuan yang lebih tinggi. Tak ketinggalan sistem pengapian dan pembuangan juga telah dioptimalkan.

Baca Juga: Profil - BMW M2 Competition, Ini Dia Harga Dan Spesifikasi Terlengkapnya!

Upgrade lainnya terletak pada suspensi yang menggunakan Bilstein DampTronic I, suspensi ini memiliki setelan yang dapat disesuaikan. Untuk menghentikan laju kendaraan, digunakan rem cakram Brembo dengan kaliper enam piston berwarna merah di depan dan kaliper empat piston di belakang. Lalu Nissan menyematkan pelek 21 inci yang dirancang telah khusus hanya untuk GT-R50, dan dibalut dengan ban Michelin Pilot Super Sport berukuran 255/35 R21 di depan dan 285/30 R21 di belakang.

Rencananya, GT-R50 yang mulai diproduksi tahun depan. Banderol harganya mulai dari 990.000 euro atau setara Rp 16 miliar, dan harga tersebut tidak termasuk pajak serta biaya lainnya.