POPULAR STORIES

Nissan Targetkan Jual 1 Juta Kendaraan Listrik Hingga 2022

Nissan Targetkan Jual 1 Juta Kendaraan Listrik hingga 2022 Nissan IMx Kuro Concept (Foto: Nissan)

KabarOto.com- Nissan Motor Co., Ltd., mengumumkan rencananya untuk meluncurkan lebih banyak kendaraan listrik, meningkatkan dan mengembangkan sistem swakemudi, serta mempercepat konektivitas kendaraan sebagai bagian dari rencana jangka menengah Nissan M.O.V.E to 2022.

Dalam targetnya, Nissan targetkan menjual satu juta kendaraan listrik, baik pure electric maupun e-POWER, setiap tahun hingga tahun fiskal 2022.

Sebagai bagian dari Nissan M.O.V.E to 2022, perusahaan juga berencana mengembangkan delapan kendaraan pure electric baru, berdasarkan kesuksesan dari Nissan LEAF, memperkenalkan kendaraan listrik mini “kei” di Jepang, menawarkan kendaraan listrik crossover global, yang terinspirasi dari konsep Nissan IMx, memperkenalkan varian baru elektrik bagi INFINITI pada tahun fiskal 2021.

Baca Juga: Nissan Kembangkan Teknologi Berkendara dengan Sinyal Otak

"Strategi kami untuk produk dan teknologi didedikasikan untuk memposisikan Nissan sebagai yang terdepan di bidang otomotif, teknologi, dan evolusi bisnis. Kami berupaya fokus dalam menyampaikan Nissan Intelligent Mobility, yang mencakup tiga elemen inti dari elektrifikasi, yaitu teknologi swakemudi, konektivitas, dan layanan mobilitas baru," ujar Phillipe Klein, Chief Planning Officer Nissan, dari siaran pers yang diterima Kabaroto, Jumat (30/3/2018).

Sebagai bagian dari strategi elektrifikasi, Klein menyatakan bahwa Nissan akan meluncurkan produk di Tiongkok yang dimulai tahun ini dengan kendaraan listrik baru untuk segmen C, berdasarkan teknologi Nissan LEAF.

Peluncuran produk ini juga mencakup EV dengan harga terjangkau di Tiongkok dari joint venture Alliance, eGT New Energy Automotive. Kendaraan listrik baru dengan harga terjangkau ini akan dikembangkan Alliance dan Dongfeng untuk platform SUV segmen A. Dua model kendaraan listrik baru juga sedang disiapkan untuk brand Venucia.

Baca Juga: Nissan Resmi Luncurkan SUV Terra Terbaru

Nissan juga akan terus mengembangkan teknologi e-POWER yang sudah disematkan pada Nissan Note dan Nissan Serena di Jepang. Lebih dari 129.000 Note e-POWER terjual di Jepang pada tahun pertamanya, dengan lebih dari dua pertiga pelanggan memilih model e-POWER ketimbang varian biasa.

Nissan berharap, kendaraan bertenaga listrik – termasuk kendaraan listrik dan model e-POWER – akan mencakup 40% angka penjualan perusahaan di Jepang dan Eropa pada tahun 2022, serta 50% di tahun 2025. Di Amerika Serikat, targetnya adalah 20-30% pada 2025 dan 35-40% di Tiongkok.

INFINITI akan mempercepat tren elektrifikasi, dengan model-model baru yang siap diluncurkan, baik itu kendaraan listrik maupun penggunaan teknologi e-POWER, mulai dari tahun fiskal 2021. Pada tahun 2025, INFINITI menargetkan kendaraan listrik mencapai angka 50% dari penjualan global.