Ops Ketupat Jaya 2020 Usai, Pengecekan SIKM Tetap Dilakukan

Ops Ketupat Jaya 2020 Usai, Pengecekan SIKM Tetap Dilakukan

KabarOto.com - Operasi Ketupat Jaya 2020 sudah resmi selesai dilaksanakan. Operasi pada kendaraan ini dilakukan sebagai penjagaan terkait larangan mudik yang disampaikan Presiden RI, Kamis (23/04) lalu. Bahkan, operasi ini pelaksaannya cukup berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Ops Ketupat Jaya 2020 sudah dimulai sejak Jumat, (24/06) yang awalnya akan selesai pada 30 Mei. Namun, pelaksanaannya diperpanjang hingga 7 Juni dan tak lagi diperpanjang. Keputusan tersebut dilakukan demi mengantisipasi arus balik Lebaran 2020.

Baca Juga: Mendesak Keluar-Masuk Jakarta? Begini Cara Urus SIKM

"Operasi ketupat tidak diperpanjang," tegas Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo.

Walau begitu, kebijakan terkait Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) untuk kendaraan yang akan keluar maupun masuk ke DKI Jakarta tetap diberlakukan. Nantinya, kendaraan yang melintas akan dilakukan pemeriksaan di titik-titik yang telah disiapkan.

"Dilaksanakan di cek poin PSBB dan terutama di sembilan titik masuk Jakarta," tambahnya.

Pemeriksaan SIKM akan dilaukan di perbatasan wilayah administrasi DKI Jakarta dengan kawasan Bodetabek. Ketentuan kepemilikan SIKM tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Berpergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga: Hendak Masuk Wilayah Tangerang Selatan, Siapkan SIKM

Bagi 11 masyarakat yang bekerja di 11 sektor antara lain kesehatan, pangan, energi, komunikasi, keuangan, logistik, perhotelan, konstruksi, pelayanan dasar, dan kebutuhan sehari-hari harus mengantongi SIKM. Sementara, diluar 11 sektor tersebut tidak diizinkan keluar atau masuk DKI Jakarta.