Optimalkan Material Untuk Baterai Kendaraan Listrik Jadi Target NKK Dan Lenzing

Optimalkan Material untuk Baterai Kendaraan Listrik jadi Target NKK dan Lenzing Kertas separator ini, diklaim terbuat dari 100% serat selulosa, digunakan pada kapasitor listrik dua lapis (EDLC), baterai Lithium-ion (LiB). (BCW)

KabarOto.com - Nippon Kodoshi Corporation (NKK) dengan bangga merayakan 25 tahun kesuksesan produksi kertas separator NKK Cellulion®, yang diproduksi menggunakan serat Lenzing™ Lyocell, dikembangkan dan disediakan oleh Lenzing AG, pionir teknologi yang berbasis di Austria untuk serat selulosa khusus berbahan dasar kayu.

Kertas separator ini, diklaim terbuat dari 100% serat selulosa, digunakan pada kapasitor listrik dua lapis (EDLC), baterai Lithium-ion (LiB) seperti pada kendaraan listrik dan alat penyimpanan energi lainnya.

Pengembangan teknologi baterai yang terus dijalankan menekankan perlunya optimalisasi dalam pengurangan ketebalan dan kinerja dari kertas separator. Permintaan atas penyimpanan energi listrik yang semakin canggih dan kertas separator telah tumbuh sejak adopsi awal kapasitor elektrolit aluminum yang sekarang telah menjadi bagian penting dari revolusi pengembangan tersebut.

Baca juga: Gerobak Listrik (Gelis) Bantu UMKM, Moeldoko: Kendaraan Listrik Jangan Dipersulit!

Dirancang untuk memungkinkan solusi energi yang berkelanjutan, struktur microfibrillar dan stabilitas suhu dari serat Lenzing™ Lyocell diklaim jadi bahan yang cocok bagi separator elektrik untuk penggunaan pada baterai Lithium-ion, kapasitor super dan condenser elektrolit, terutama pada generasi baru kendaraan listrik.

Lenzing dan NKK bersama-sama berkomitmen untuk memanfaatkan proses manufaktur dengan dampak lingkungan yang rendah untuk mencapai dekarbonisasi serta menggaungkan tujuan Paris Climate Agreement untuk mencapai bebas emisi karbon pada 2050.

Melalui kerja sama ini, Lenzing dan NKK telah menjadi pendorong utama dalam percepatan pengembangan serat yang baru dan produk separator, serta terus menyediakan solusi berkelanjutan untuk kebutuhan transportasi dan energi di masa depan.

Baca juga: Ini Spesifikasi Mobil Listrik R-One (R1) Karya Siswa SMK 3 Mataram Di IEMS 2021

“Kami sangat bangga untuk menjadi bagian dari sebuah perjalanan yang luar biasa dengan NKK. Bersama-sama, kami memberikan kontribusi yang penting untuk mengurangi emisi CO2 secara global melalui pengembangan bahan separator bebasis serat selulosa dengan tingkat efisiensi yang tinggi,” kata Jürgen Eizinger, Vice President of Global Nonwovens Business, Lenzing AG.

“Kertas separator yang terbuat dari serat Lenzing™ Lyocell, diproduksi menggunakan teknologi manufaktur kertas NKK yang telah dioptimalkan, dan telah menjadi standar untuk portofolio produk LEAF (LiB, EDLC, Alkaline and Functional) kami,” kata Shunji Chikamori selaku President of NKK.