POPULAR STORIES

Pabrik Pertama Toyota Di Luar Jepang Tutup Setelah 60 Tahun Beroperasi

Pabrik Pertama Toyota di Luar Jepang Tutup Setelah 60 Tahun Beroperasi Pabrik Toyota berlokasi di Sao Bernardo, Brasil (Foto: carbuzz)

KabarOto.com - Toyota secara mengejutkan menutup pabrik pertamanya di luar Jepang, yang telah beroperasi selama 60 tahun yang berlokasi di Sao Bernardo, Brasil.

Melihat dari sejarahnya, ini merupakan keputusan yang berat, apalagi Toyota dan masyarakat Brasil memiliki hubungan erat.

Beberapa produk Toyota sudah dipasarkan di Brasil, sebut saja Toyota Land Cruiser FJ40 yang memenuhi kebutuhan kegiatan pertanian.

Baca Juga: Toyota Land Cruiser 70 Edisi Khusus Akan Hadir Di Tokyo Auto Salon 2024

"Sejarah produksi di pabrik Dao Bernardo sudah berakhir, namun kami siap untuk menyambut masa depan," ungkap Masahiro Inoue, General Manager Toyota Divisi Amerika Latin.

Toyota Land Cruiser FJ40 diproduksi di pabrik Toyota Brasil

Secara perlahan dan bertahap, kegiatan produksi akan dialihkan ke negara bagian Sao Paulo.

"Bersama karyawan dan keluarganya yang pindah karena pengalihan produksi, Toyota akan memproduksi mobil lebih baik lagi, serta memperluas ekspor ke Amerika Tengah dan Selatan," tambah Masahiro.

Baca Juga: Toyota GR Yaris Transmisi Otomatis Debut Di Januari 2024

Toyota akan terus mengembangkan produknya di Brasil, salah satunya mobil off-road yang tengah banyak permintaan di Negeri Samba itu.

Sementara itu, Akio Toyoda, Chairman of the Executive Board Toyota mengaku berat menutup pabrik pertamanya di luar Jepang, karena fasilitas itu sudah menjadi bagian dari pengembangan mobilnya.

“Ini menjadi keputusan menyakitkan, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Pabrik pertama Toyota di luar Jepang tutup tak membawa dampak banyak. Sebab sebelumnya hanya membuat suku cadang untuk Corolla serta Hilux," ucap Akio.

Berita Terkait

Berita Terkait