POPULAR STORIES

Pakai Motor Sport Fairing? Begini Cara Perlakukan Saat Terabas Hujan

Pakai Motor Sport Fairing? Begini Cara Perlakukan Saat Terabas Hujan Mengendarai motor sport fairing (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Saat berkendara motor di musim hujan, biker perlu ekstra berhati-hati mengingat kondisi jalanan yang licin, tergenang air dan berpotensi bahaya buat keselamatan pengendara, apalagi bagi yang mudik dan tempuh perjalanan jauh.

Bagi biker penunggang motor sport fairing, tetap menjaga konsentrasi, serta menerapkan safety riding.

Perlu diperhatikan, berkendara dalam situasi berbeda karena hujan ini, ada beberapa poin agar biker tetap nyaman dalam berkendara. Berikut tips berkendara motor sport fairing di musim hujan dari Danang Hermanto selaku Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA).

1.Gunakan safety gear yang lengkap

Kelengkapan safety gear wajib digunakan oleh pengendara motor seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, sepatu tertutup.

Baca Juga: Porsche Global Sebutkan Target Penjualan Dan Program Motorsport Kedepannya

Dikarenakan kondisi hujan, maka perlu mengenakan jas hujan model atasan, bawahan serta jas hujan sepatu atau sepatu boot karet, untuk melindungi badan dan kaki pengendara dari basahnya air hujan.

2. Menghindari cipratan air yang berlebih

Hindari cipratan air berlebihan baik dari motor sendiri maupun pengendara lain. Cipratan air yang berlebihan akibat hujan dapat mengganggu kenyamanan berkendara.

"Apalagi untuk tipe motor sport fairing, biasanya di bagian kaki lebih mudah terkena cipratan air, " jelasnya. Untuk meminimalisir hal tersebut, sebaiknya pengendara mengenakan jas hujan setelan atasan bawahan, dan jas hujan sepatu atau sepatu boot yang menutupi kaki hingga betis.

3. Teknik berkendara yang tepat

Jalanan yang basah dan licin mengakibatkan traksi roda motor berkurang, untuk menghadapinya maka pengendara harus melakukan teknik berkendara yang tepat.

Baca Juga: Diklaim Ingin Ramah Lingkungan, DFSK Gelora E Sebagai Transportasi PT Perkebunan Nusantara

"Caranya dengan jaga jarak dengan pengendara lain, operasikan sepeda motor secara halus seperti membuka gas perlahan, dan pengereman yang halus," tambah Danang.

Hindari akselerasi dan pengereman secara mendadak agar ban tidak mudah selip dan tetap terjaga keseimbangannya.

4.Bersihkan motor setelah berkendara di jalan

Jalanan yang basah karena hujan dapat mengakibatkan motor kotor, karena terkena cipratan atau genangan air yang kotor.

Bagi tipe motor sport fairing, dampaknya akan mengotori bagian dalam body, terutama bagian yang terdekat dengan ban. Karena itu, segera bersihkan / cuci motor Anda agar tetap bersih dan terhindar dari karat.