POPULAR STORIES

Patuhi Lalu Lintas, Polda Metro Jaya Gelar Operasi Zebra 2020 Pekan Depan

Patuhi Lalu Lintas, Polda Metro Jaya Gelar Operasi Zebra 2020 Pekan Depan

KabarOto.com - Setelah beberapa kali dilakukan Operasi terkait kelengkapan dalam berlalu lintas oleh Ditlantas Polda Metro Jaya, penggunaan masker jadi hal penting. Pekan depan, Ditlantas Polda Metro akan menggelar Operasi Zebra 2020. Operasi tersebut akan berlangsung selama 2 pekan mulai Senin 26 Oktober.

"Operasi Zebra 2020 akan digelar mulai 26 Oktober sampai 8 November 2020," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Baca Juga: Persiapan Penting Sebelum Berkendara Di Tengah Unjuk Rasa

Operasi Zebra kali ini kepolisian akan menerapkan tindakan preemtif dan preventif serta pembinaan. Dirlantas juga menjelaskan bahwa penerapannya kali ini lebih banyak tentang sosialisasi dan pendidikan daripada penegakan hukum.

Walau begitu, petugas kepolisian tetap akan memberikan penindakan sanksi terhadap para pengendara yang melakukan pelanggaran berat maupun membahayakan pengguna jalan lainnya. Sehingga, ada tiga pelanggaran yang akan ditindak oleh pihak berwajib.

Baca Juga: Dua Macam Gaya Berkendara, Pilih Yang Aman!

"Sanksi tindak akan kita berikan kepada para pengendara yang melanggar seperti melawan arus lalu lintas, pelanggaran garis stop (stop line), dan helm," jelas Kombes Pol Sambodo.

Apabila terdapat pengguna jalan yang terbukti melakukan pelanggaran, maka petugas kepolisian akan mengenakan sanksi kurungan atau denda. Keputusan terkait sanksi disesuaikan dengan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.