POPULAR STORIES

Pedrosa Tahu Dirinya Akan Didepak Honda Dari Dua Tahun Silam

Pedrosa Tahu Dirinya Akan Didepak Honda dari Dua Tahun Silam Dani Pedrosa (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Europe)

KabarOto.com- Keputusan Repsol Honda yang mengakhiri kerja samanya dengan Dani Pedrosa mulai akhir musim depan telah di ketahui oleh sang pembalap sejak 2016 silam. Hal itu disampaikan langsung oleh Pedrosa kepada Autosport jelang MotoGP Belanda, Assen, akhir pekan nanti.

Nama Honda sangat melekat dalam karier balap Dani Pedrosa. Pasalnya, rider asal Spanyol itu tidak pernah membela tim selain Honda sejak melakukan debutnya di GP125 pada 2001. Hingga merebut gelar dunia GP125 2003 dan GP250 2004-2005 dan naik kelas MotoGP pada 2006.

Pengumuman perpisahan Pedrosa dan Honda pun diumumkan hanya beberapa hari usai MotoGP Italia di Mugello awal bulan ini. Jorge Lorenzo pun ditunjuk oleh Honda untuk mengganti Pedrosa awal musim depan.

Pedrosa nyaris meninggalkan Honda pada 2016, yakni saat tawaran Yamaha datang kepadanya untuk menggantikan Lorenzo yang hengkang ke Ducati pada 2017. Sejak itu pula Pedrosa meyakini hubungannya dengan Honda akan berakhir cepat atau lambat.

Baca Juga: Jumlah Pembalap MotoGP 2019 Terancam Berkurang

"Kurang lebih memang sudah diputuskan. Jelas dua tahun lalu rasanya sudah lama sekali, tapi semua memang dimulai dua tahun lalu," ujar Pedrosa, dilansir Autosport, Selasa (26/06).

"Bersama orang-orang yang sebelumnya ada di tim kami, mereka tahu ini bisa terjadi. Saya berkata pada mereka, ini bakal terjadi. Jadi pada intinya, ini keputusan bersama."

Meski kini usianya telah menginjak 32 tahun, Pedrosa mengaku dirinya masih tergoda untuk mencari tantangan baru.

"Jelas saya menyadari, terutama saat melihat realita secara keseluruhan, tapi kurang lebih hal ini sudah pernah dibicarakan. Saya harus mencari hal-hal baru, dan ini waktu yang baik untuk melihat apa yang bisa saya lakukan selanjutnya," ungkapnya.

Baca Juga: Terungkap! Ini Alasan Suzuki Batal Rekrut Jorge Lorenzo

Soal kabar masa depannya, Pedrosa digosipkan bakal bergabung dengan tim satelit Yamaha yang didukung oleh Petronas.

Hengkangnya Pedrosa dari Honda pada akhir musim depan nanti, mendapatkan respon dari rekan setimnya, Marc Marquez. Meki mengaku sedih, Marquez yakin jika Pedrosa tidak akan pensiun dan tetap berkarier di MotoGP.

"Yang saya rasakan, ia akan melanjutkan karir di MotoGP dengan proyek yang baik. Ia punya satu-satunya opsi, dan semua orang tahu apa opsinya. Tapi itulah yang saya rasakan, saya tak tahu pasti," tutup Marquez.