Peluncuran Hyundai Nexo Ditunda Hingga Tahun 2024

Peluncuran Hyundai Nexo Ditunda Hingga Tahun 2024 Hyundai Nexo, mobil berbahan bakar hidrogen (Foto: Hyundai)

KabarOto.com - Peluncuran Hyundai Nexo generasi berikutnya ditunda hingga tahun 2024, karena masalah dengan pengembangan mesin sel bahan bakar hidrogen-nya.

Melansir Seoul Economic Daily, melaporkan Hyundai pada awalnya berencana untuk memulai penjualan dan produksi Nexo generasi kedua pada paruh kedua 2023.

Meskipun tidak diketahui secara pasti masalah apa yang dihadapi Hyundai dengan pengembangan sel bahan bakar, beberapa analis menyarankan pabrikan mobil untuk mengevaluasi kembali bisnis sel bahan bakar hidrogen.

Baca juga: Hyundai Stargazer Dibekali Fitur Keselamatan Smart Sense

Menurut keterangan analis NH Investment & Securities Co Soo-hong mengatakan, "Dengan pertumbuhan pasar EV global, kemungkinan Hyundai dapat menilai kembali daftar prioritasnya karena permintaan mobil listrik terus tumbuh, sementara pasar mobil hidrogen masih relatif kecil."

Tampilan belakang Hyundai Nexo

Pada September 2021, Hyundai mengatakan akan menawarkan versi sel bahan bakar hidrogen dari semua kendaraan komersialnya pada 2028. Pabrikan asal Korea Selatan juga mengatakan akan mengembangkan kendaraan hidrogen untuk Kia dan Genesis, keduanya dapat diluncurkan setelah 2025.

Baca juga: Teaser Hyundai Ioniq 6 Ungkap Eksterior Lebih Modern

Seoul Economy Daily menambahkan bahwa jadwal peluncuran kendaraan hidrogen di Genesis belum selesai, menyusul keputusan untuk menangguhkan pengembangan model sel bahan bakar pertama dari merek mewah tersebut pada akhir tahun 2021.

Laporan ini muncul tak lama setelah Hyundai merilis foto pertama dari Ioniq 6 model terbaru. Sedan listrik yang akan menyaingi Tesla Model 3, dapat menarik pembeli menjauh dari model hidrogen yang sedang dikembangkan Hyundai, mengingat pertumbuhan pasar mobil listrik yang terus berkembang.

Spesifikasi teknis belum diumumkan untuk mobil tersebut, tetapi kabarnya akan menggunakan platform E-GMP yang sama dengan Hyundai Ioniq 5, Kia EV6, dan Genesis GV60.