POPULAR STORIES

Pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Terus Dikebut

Pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Terus Dikebut Pangkas waktu Jakarta-Purwakarta (JM)

KabarOto.com - Meski di tengah pandemik Virus Corona atau Covid-19, pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan terus berlanjut.

Hingga akhir Juni 2020, pembebasan lahan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 (Taman Mekar-Sadang) telah mencapai 76,99%.

Baca Juga: Ragam Sepeda Buatan Peugeot, Mulai Model Retro Hingga Bertenaga Listrik

Sementara pembangunan fisiknya, Direktur Teknik PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) Bambang Sulistyo mengatakan telah mencapai 27,16%. PT JJS sendiri merupakan kelompok usaha PT Jasa Marga yang mengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.

"Untuk Paket 2 (Setu-Taman Mekar) pembebasan lahan mencapai 8,14% dan Paket 1 (Jatiasih-Setu) mencapai 0,99%. Lalu, proses konstruksi untuk Paket 1 dan 2 masih menunggu progres pengadaan lahan dan penyelesaian Detail Engineering Design (DED)," tuturnya.

Saat ini, PT JJS terus mengupayakan percepatan pembebasan lahan dan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk meminimalisir kendala agar pembangunan fisik dapat dipercepat.

Pembangunan terus dikebut

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan sendiri memiliki panjang 62 km yang terdiri atas 3 paket, yaitu:
A. Paket 1 (Jati Asih - Setu/JORR W2) sepanjang 9,3 km
B. Paket 2 (Setu - Taman Mekar) sepanjang 24,85 km
C. Paket 3 (Taman Mekar - Sadang) sepanjang 27,85 km

Lebih lanjut Bambang mengatakan, Kehadiran Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan nantinya dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Purwakarta dari sisi selatan.

Baca Juga: Desainer Asal Polandia Buat Konsep Peugeot RCZ Reborn

Selain itu, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ini juga terintegrasi dengan Jalan Tol JORR II dan Jalan Tol Cipularang.

"Adanya jalur tersebut, dapat pula menurunkan biaya logistik barang menuju dan dari wilayah-wilayah yang dilewati kedua jalan tol tersebut," pungkasnya.