POPULAR STORIES

Pemerintah Dan Industri Modifikasi Makin Mantap Bergandengan

Pemerintah dan Industri Modifikasi Makin Mantap Bergandengan

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menilai industri modifikasi nasional mampu meningkatkan kreativitas, inovasi, serta memacu berkembangnya pelaku usaha sektor komponen kendaraan yang berbasis sumber daya lokal, terutama yang berskala industri kecil menengah (IKM).

Kemenperin resmi menggandeng National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) untuk memajukan hal tersebut. "Semoga langkah ini dapat memajukan industri modifikasi dan aftermarket di Indonesia agar bisa lebih bertaji di negeri sendiri hingga kancah global,” kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika di Jakarta, Senin (20/7).

Direktur IMATAP menyampaikan, Kemenperin dan NMAA menjalin kolaborasi dengan PT Solar Panel Indonesia (SPI) selaku produsen kendaraan roda tiga listrik bermerek Gelis (Gerobak Listrik).

Sinergi tersebut menciptakan kegiatan Gelis Tuner Competition. “Kompetisi ini akan menjadi media kreativitas bagi para modifikator dalam mewujudkan talentanya dan pengembangan komponen dan suku cadang,” jelasnya.

Baca Juga: 3 Modifikator Bakal Sulap GELIS Tampil Di IMX 2020

Seperti yang Kabaroto beritakan sebelumnya, Gelis Tuner Competition merupakan kompetisi adu gagasan untuk memodifikasi kendaraan listrik roda tiga Gelis. Dipilih tiga modifikator terbaik yang masing-masing memiliki keahlian di bidangnya.

"Pengembangan Gelis merupakan implementasi amanah Perpres 55 tahun 2019, untuk percepatan kendaraan listrik di jalan raya,” ungkapnya.

Chief Marketing Officer PT Solar Panel Indonesia, Ary Tjahyono mengemukakan, penciptaan Gelis didorong dari keinginan perusahaan untuk bisa membantu para pelaku IKM dalam meningkatkan taraf ekonominya dengan mobilitas yang lebih luas jangkauannya. “Jadi, mereka tidak perlu lagi mendorong gerobak dengan tenaga sendiri,” ujarnya

Sementara itu, Andre Mulyadi selaku pendiri NMAA sekaligus IMX Project Director mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah yang dilakukan Kemenperin dan PT Solar Panel Indonesia melalui Gelis Tuner Competition ini. “Kompetisi ini memunculkan karakter industri modifikasi Tanah Air yang selalu berkolaborasi, sebagaimana yang kami selalu gaungkan di setiap penyelenggaraan IMX,” kata Andre.