POPULAR STORIES

Pemudik Sembunyi Di Bak Truk Sayur, Kepergok Petugas Kepolisian

Pemudik Sembunyi di Bak Truk Sayur, Kepergok Petugas Kepolisian

KabarOto.com - Berbagai cara dilakukan oleh masyarakat agar bisa mudik ke kampung halaman. Saat bus dan mobil pribadi tidak diizinkan meninggalkan Jakarta, beberapa masyarakat yang niat untuk mudik pun menggunakan travel gelap, sampai rela duduk bersembunyi di bak truk.

Seperti kejadian di Tol Cikarang, KM 31 arah Cikampek, petugas di titik penyekatan memegoki beberapa pemudik ada di bak truk pengangkut sayuran.

Baca juga: Kemenhub Pastikan Travel Gelap Yang Bawa Pemudik Akan Ditindak

"1:51 #Polri amankan kendaraan Truk bermuatan sayur yang juga membawa Pemudik di KM 31 Tol Cikarang (arah ke Cikampek)," tulis TMC Polda Metro di akun Instagramnya.

Pemudik yang terpergok bersembunyi di bak truk sayur (Foto: istimewa)

Akun tersebut menampilkan foto seorang petugas yang sedang memeriksa bak truk. salah satu petugas terlihat memeriksa truk bermuatan sayur yang juga berisi beberapa orang.

Truk dilarang membawa penumpang, sebenarnya sudah diatur diatur dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 137 ayat 4, mobil barang dilarang digunakan untuk angkutan orang.

Masyarakat yang terpergok berada di bak truk terancam dikenakan sanksi. Selain itu, duduk di bak truk juga berbahaya, resikonya sangat besar saat terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Pantau Sosial Media Travel Gelap Tawarkan Jasa Mudik

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah melarang warga masyarakat mudik ke kampung halaman merayakan lebaran. Aturan ini berlaku mulai 6-17 Mei 2021.

Polisi akan melakukan penyekatat di 300-an titik, untuk mencegah pemudik, agar angka penyebaran COvid-19 tidak bertambah.