Pengganti Toyota TS050 Akan Segera Meluncur  

Pengganti Toyota TS050 Akan Segera Meluncur   Foto: Toyota Gazoo Racing

KabarOto.com - Perubahan regulasi balap ketahanan Le Mans 24 jam mempengaruhi tim-tim yang berlaga. Salah satu yang terkena dampaknya adalah tim Toyota Gazoo Racing. Karena aturan baru tersebut, Toyota terpaksa mempensiunkan TS050 yang berlaga di kelas LMP1H, berganti mobil yang sesuai dengan regulasi baru.

Dilansir dari motorsport.tech, untuk tahun 2021 akan ada aturan baru. Yang secara efektif mengakhiri kategori LMP1, dan menggantinya dengan format hypercar baru.

Namun, di lain sisi Toyota sedang mempersiapkan mobil baru untuk berlaga di Le Mans 24 jam. Mobil tersebut dirumorkan juga dapat dikendarai di jalan raya. Mobil balap terbaru dari Toyota ini dinamai GR Super Sport Concept.

Baca juga: Profil - Toyota GR Supra

Secara desain, mobil balap besutan Toyota ini terlihat sangat futuristis. Bentuknya sekilas mirip dengan versi terdahulunya yaitu Toyota TS050, namun lebih modern. Seperti di bagian depan, GR Super Sport Concept tidak lagi menggunakan lampu yang sangat besar seperti TS050. Lampu sangat besarnya kini digantikan 3 lampu berbentuk persegi enam.

Selain itu juga ada sepasang lubang yang terletak di kap. Lubang ini menggunakan aksen serat karbon di pinggirnya dan ditujukan untuk aerodinamika. Bumper sepenuhnya menggunakan jaring-jaring segi enam. Di bagian bawahnya, ada sebuah splitter dari bahan serat karbon. Tidak lupa terpasang emblem Toyota di bagian mocong.

Bentuk samping sedikit berbeda. Bagian kemudinya tidak berbentuk sebulat TS050, dan lebih proporsional. Pelek Toyota GR Super Sport Concept menggunakan ring 18 inci di depan dan di belakang. Pelek palang 10 ini, dibalut ban Bridgestone Potenza dengan ukuran 330/710 R18.

Ubahan paling kentara di bagian belakang. Desain Toyota GR Super Sport Concept terlihat sangat berbeda. Bagian sayapnya tidak selebar pendahulunya. Desain bagian belakang menggunakan model jaring-jaring segi enam. Lampu belakangnya juga terlihat keren, terletak di belakang jaring-jaring.

Baca juga: Toyota Yaris Rhythm, Siap Dampingi DJ Dipha Barus

Berbicara tentang mobil balap, tentu akan terasa kurang kalau tidak membahas bagian mesinnya. Dilansir dari laman resmi Toyota Gazoo Racing, Toyota menyematkan mesin V6 twin-turbo direct injection pada GR Super Sport Concept.

Mesin ini berkubikasi 2.400 cc, dengan tenaga menyentuh angka 1.000 dk. Tenaga itu adalah tenaga gabungan antara mesin V6 dengan Toyota Hybrid System - Racing (THS-R).

Namun bukan hanya Toyota yang sedang mempersiapkan mobil balapnya. Pabrikan asal Inggris yaitu Aston Martin juga sedang mempersiapkan mobil terbarunya. Jadi di kelas hypercar nanti, kedua mobil ini akan diadu ketahanannya selama 24 di Sirkuit Le Mans.

Baca juga: Test Drive - All New Toyota Camry 2.5 V Dan Hybrid

Seperti yang dilansir dari TopGear.com, Aston sedang mempersiapkan mobil balap Valkyrie, dengan tujuan memenangkan Le Mans 2021. Toyota juga mempersiapkan saingan langsungnya. Yaitu GR Super Sport Concept yang sangat menjanjikan.

Kira-kira mampukah Toyota mendapatkan gelar juara Le Mans 24 Jam dengan hypercar baru ini? Kita lihat saja nanti ketika mobil ini menempuh laga pertamanya di Sirkuit Le Mans. (Gregorius Nikolaus.P)