POPULAR STORIES

Penjualan Mazda Di Indonesia Meningkat, Pengiriman Ke Konsumen Tersendat

Penjualan Mazda di Indonesia Meningkat, Pengiriman ke Konsumen Tersendat Mazda CX30

KabarOto.com - Langkanya chip semikonduktor untuk kendaraan bermotor, membuat produksi mobil tertunda. chip tersebut menjadi komponen yang cukup penting di mobil, untuk menghadirkan entertaiment bagi pengemudi dan penumpang di kabin.

Termasuk Mazda, pabrikan mobil asal Jepang itu juga mengalami krisis chip semikonduktor, membuat pengiriman ke sejumlah negara menjadi terhambat. Dampaknya dirasakan oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku distributor merek Mazda di Indonesia.

Baca juga: Mazda Ajak Media Keliling Jakarta Rasakan Sensasi Kendarai CX Series

Sales Manager PT Eurokars Motor Indonesia, Deddy Kurniawan Saputro mengatakan, seluruh unit Mazda yang dijual didapatkan secara utuh atau CBU dari Jepang. Sehingga langkanya komponen ini, membuat penjualan EMI juga terimbas.

Mazda CX Series

"Pemesanan sampai dengan Agustus 2021 lalu, pengirimannya di Januari atau Februari 2022 mendatang. Inden ini karena langkanya chip semikonduktor," terangnya, di kantor EMI, Kamis (08/10/2021).

Saat konsumen melakukan pemesanan, EMI memberitahukan terlebih dahulu kepada mereka, jika unit yang dipesan tersebut harus inden. Konsumen pun bersedia untuk menunggu. "Karena suplai terbatas, mereka harus menunggu," tambahnya.

Seiring makin pulihnya kondisi perekonomian Indonesia, penjualan otomotif pun mulai tumbuh. EMI merasakan peningkatan penjualan di tahun ini. Namun ia menyayangkan, krisis ini membuat distribusi menjadi terhambat.

Baca juga: Kolaborasi Berlanjut, Model Terbaru Mazda2 Dan Toyota Yaris Akan Berbagi Platform

Ia pun berharap, krisis chip semikonduktor ini bisa segera berakhir, sehingga mereka bisa dengan segera memenuhi permintaan konsumen dan penjualan di tahun ini bisa sesuai dengan target yang ditentukan.