Perbedaan Fungsi Mirroring Dan Mirrorlink Yang Wajib Kalian Ketahui

Perbedaan Fungsi Mirroring dan Mirrorlink yang Wajib Kalian Ketahui Foto: Deddy/KabarOto

KabarOto.com – Sebagai penghibur di kabin, banyak pabrikan mobil sudah memasang HU (Head Unit) double DIN. Tidak sedikit juga pemilik mobil yang meng-upgrade HU bawaan, menggunakan aftermarket yang memiliki fitur lebih lengkap.

Baca Juga: Bingung Memilih Mur Untuk Roda? Ini Cara Terbaiknya

Salah satu fitur yang biasa ditawarkan HU aftermarket adalah Mirroring ataupun Mirrorlink. Menariknya, orang sering salah kaprah dengan menyamakan fitur tersebut. Padahal sejatinya, fitur ini berbeda. Kali ini KabarOto akan mengulas apa sih perbedaan dari 2 fitur yang memiliki nama mirip ini.

1. Mirroring

mirroring
Mirroring benar-benar menampilkan apa yang tampil di smartphone ke monitor HU

Dimulai pengertian Mirroring itu sendiri, Mirroring adalah sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk menampilkan atau memindahkan, apa yang terlihat pada layar smartphone atau perangkat lain yang memiliki fitur ini, seperti Smart TV, Laptop maupun HU yang terdapat di dalam mobil.

Baca Juga: Ingin Turbo Awet? Ini Tipsnya

Dengan begitu, memungkinkan pengguna dapat menggunakan fungsi Mirroring untuk menampilkan apa saja yang ada di layar smartphone, seperti memutar video, atau fungsi lain seperti maps ke monitor HU. Fitur ini cukup membantu pengendara agar tidak terganggu melihat smartphone saat sedang menyetir.

2. Mirrorlink

mirrorlink
Fungsi Mirrorlink ditujukan agar pengemudi tidak terganggu ketika menyetir

Sementara, apa perbedaannya dengan Mirrorlink? MirrorLink sebenarnya bukan berfungsi untuk menampilkan atau memindahkan apa yang terlihat di layar smartphone ke monitor HU. Namun MirrorLink merupakan sebuah fitur yang dikembangkan oleh pengembang bernama Car Connectivity Consortium.

Fitur MirrorLink ini berfungsi sebagai fitur yang mengintegrasi antara aplikasi smartphone dan HU dalam mobil. Aplikasi yang diintegrasikan pun terbatas tidak seperti Mirroring yang menampilkan layar smartphone penuh. Melainkan hanya aplikasi yang memang cocok kegunaannya dalam kendaraan, seperti Navigasi, Musik, Internet Radio, SMS dan lainnya.

Baca Juga: Test Drive - All New Daihatsu Terios R Deluxe A/T

Untuk aplikasi lain yang dapat mengganggu perhatian pengemudi, tidak akan ditampilkan pada monitor HU mobil. Bahkan untuk membaca pesan singkat, isi pesan akan dibacakan, dan untuk membalas pesan harus menggunakan Voice Command. Fitur ini dibuat tentunya untuk tujuan keamanan pengemudi, agar lebih fokus ke jalan.

MirrorLink sendiri biasanya memiliki aplikasi dari beberapa pabrikan HU aftermarket yang bisa di-download dari smartphone. Contohnya adalah AppRadio yang dimiliki Pioneer, lalu ada Kenwood/JVC Weblink untuk pemakai merek Kenwood/JVC.

Namun, fitur ini sudah mulai ditinggalkan karena kalah pamor dengan Apple Carplay dan Android Auto. (Deddy Darmanto)

Perbedaan fungsi Mirroring dan Mirrorlink