POPULAR STORIES

Perhatikan Cara Ini Kalau Mau Ban Motor Awet

Perhatikan Cara ini Kalau Mau Ban Motor Awet

KabarOto.com - Ban merupakan bagian penting dari komponen sepeda motor, salah satu fungsinya adalah menyerap goncangan dari permukaan jalan, sehingga sepeda motor nyaman untuk dikendarai. Maka dari itu, perlu dilakukan perawatan dan memilih ukuran ban yang baik dan benar.

Ade Rohman Asisten Manajer Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) berbagi tips bagaimana cara merawat ban sepeda motor. Ban sepeda motor terbagi ke dalam 2 (dua) jenis, yakni tube tire dan tubeless.

Baca Juga: Tips Waktunya Ganti Ban Tubeless

Tube tire adalah masih menggunakan ban dalam, kelebihannya ban ini bisa digunakan pada berbagai macam jenis pelek baik cast wheel (CW) atau spoke wheel (SW). Sedangkan tubeless adalah jenis dirancang tanpa mempunyai ban dalam. “Ban Tubeless memiliki keunggulan lebih awet, tahan bocor dan daya cengkram yang lebih baik,” terang Ade.

Saat ini banyak model kembang ban dengan ukuran mulai dari 12, 14, 17, 20 dan 21 inci. “Jangan sampai menggunakan ban bagian depan untuk belakang dan begitu sebaliknya. Berpengaruh terhadap handling, kenyamanan, keamanan dan keselamatan pada saat berkendara,” ujar Ade.

Jika ban sepeda motor tidak ingin cepat haus dan rusak maka perlu memperhatikan beberapa poin, selain disesuaikan ukurannya, saat pemasangan ban, dan arah rotasi dari ban tidak terbalik.

“Diwajibkan juga untuk rutin melakukan pengecekan tekanan angin sesuai dengan standar yang ditentukan,” jelas Ade. Dia juga menambahkan, tekanan angin yang berlebihan atau kurang dapat menyebabkan sepeda motor tidak stabil saat dikendarai dan ban akan cepat rusak.

Ban sepeda motor terbuat dari bahan karet yang elastis, sebaiknya jika usia sudah mencapat 4 tahun atau pemakaian diatas 40.000 km segera ganti ban dengan yang baru.

“Setiap ban sepeda motor diberi indikasi Tread Wear Indicator (TWI) yang merupakan tanda batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap dipakai, jika kembang ban sudah menyentuh tanda segitiga TWI maka sangat disarankan untuk segera diganti,” ungkap Ade.

Baca Juga: 2 Tips Ampuh Perpanjang Usia Pakai Ban

Selain itu, hindari penggunaan cairan pengkilap ban secara berlebihan dan cucilah apabila ban dalam kondisi kotor pada saat disimpan.

Jangan lupa untuk mengecek kondisi dan tekanan angin ban yah sob!