POPULAR STORIES

Perhatikan Hal-Hal Penting Tentang Ban Sebelum Mobil Dibawa Liburan

Perhatikan Hal-Hal Penting Tentang Ban Sebelum Mobil Dibawa Liburan Bridgestone Indonesia memberikan beberapa hal yang harus dilakukan oleh masyarakat sebelum bepergian dengan jarak yang jauh agar tetap aman dan nyaman (Bridgestone Indonesia)

KabarOto.com - Momen libur sekolah yang berbarengan dengan Idul Adha 2023 banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman atau mengunjungi destinasi wisata dengan kendaraan pribadi.

Deputy Head of Original Equipment (OE) Sales, Bridgestone Indonesia, Fisa Rizqiano mengatakan, keselamatan menjadi faktor penentu kelancaran bagi pengemudi yang menggunakan mobil pribadi saat bepergian, khususnya yang akan menempuh perjalanan jarak jauh.

Baca Juga: Begini Cara Astra Honda Motor Ikuti Perkembangan Kendaraan Elektrifikasi

"Untuk itu, kami mengajak seluruh pengguna mobil pribadi agar melakukan pengecekan ban mobil secara berkala supaya aman, karena kondisi ban yang prima juga mengurangi potensi masalah saat melakukan perjalanan jarak jauh," ujar Fisa dalam keterangannya.

Selain mesin, bagian dari mobil yang harus dicek ketika bepergian jarak jauh adalah ban. Komponen ini sangat krusial, karena menjadi satu-satunya titik kontak antara mobil dengan permukaan jalan.

Dalam hal ini, Bridgestone Indonesia memberikan beberapa hal yang harus dilakukan oleh masyarakat sebelum bepergian dengan jarak yang jauh agar tetap aman dan nyaman.

Ban aus (worn)

Ban secara alami akan aus jika semakin sering dikemudikan dan ban yang aus memberikan traksi yang berkurang dibandingkan ban dengan tapak yang memadai, terutama dalam kondisi cuaca buruk.

Jika batas Tire Wear Indicator (TWI) sudah terlihat, hal ini menujukkan bahwa kedalaman tapak ban yang tersisa sama dengan atau lebih rendah dari 1,6 mm dan menandakan bahwa ban tersebut sudah harus diganti.

Foto : Bridgestone

Antisipasi jalan rusak

Menabrak trotoar atau mengemudi di jalan yang kondisinya buruk seperti misalnya jalan berlubang atau jalan tidak beraspal, dapat menyebabkan ketidakselarasan roda. Hal ini juga dapat berpotensi sistem kerja suspensi kendaraan yang berlebih sehingga berdampak pada keausan ban.

Demikian juga berkendara dalam kondisi cuaca buruk dapat menyebabkan ban lebih cepat aus karena harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan traksi.

Membeli ban yang dirancang secara khusus untuk bekerja dalam kondisi cuaca tertentu, dapat memberi pengendara traksi dan kontrol ekstra, yang berarti keamanan yang lebih baik. Bridgestone menawarkan berbagai jenis ban yang dirancang agar Anda dan mobil Anda tetap aman selama cuaca atau kondisi jalan apa pun.

Baca Juga: Esta Motor Tawarkan Ban Layak Pakai Seharga Rp 100 Ribuan

Gaya berkendara

Gaya mengemudi yang agresif seperti menikung keras, akselerasi cepat, dan pengereman mendadak, dapat meningkatkan tekanan pada ban secara luar biasa, menyebabkan ban cepat aus. Pengemudi dapat memperpanjang umur ban mereka secara signifikan dengan menghindari cara berkendara yang agresif.

Perawatan rutin

Cara lain untuk memperpanjang umur ban adalah dengan mengikuti perawatan kendaraan dan bannya dengan benar. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan sendiri adalah memeriksa tekanan udara, kedalaman tapak, dan kondisi fisik ban.

Penting untuk memeriksakan kondisi ban secara teratur, seperti memeriksakan ada tidaknya kerusakan, menjaga tekanan udara sesuai rekomendasi pabrikan, dan menjaga agar ban tetap lurus. Tanpa perawatan yang tepat, masa pakai ban dapat berkurang hingga setengahnya atau bahkan lebih, dalam beberapa kasus ekstrem.