POPULAR STORIES

Perhatikan Ini, Agar Kondisi Motor Tetap Prima Saat Musim Hujan

Perhatikan Ini, Agar Kondisi Motor Tetap Prima Saat Musim Hujan Pengendara motor melintas di jalan raya saat hujan (Foto: Yamaha)

KabarOto.com - Musim hujan sudah tiba, bagi pengendara sepeda motor harus waspada pada kondisi di jalan. Tak hanya itu, motor juga harus dalam kondisi prima, agar bisa digunakan untuk beraktivitas,terutama saat menerabas hujan.

Ada 7 hal penting harus diperhatikan terkait perawatan sepeda motor, di antaranya:

1. Gunakan penutup rantai motor untuk tipe bebek dan sport. Karena air hujan mengandung asam, jika cipratannyaterkena rantai bisa mengakibatkan karat. Jika tidak menggunakan penutup rantai, tentu akan memudahkan hujan mengkeroposi rantau kendaraan Anda.

Baca Juga: Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Merawat Sokbreker, Simak Tipsnya

2. Periksa kondisi alur ban. Fungsinya untuk menerobos genangan air hujan, tekanan ban juga berfungsi mengendalikan setang agar lebih ringan saat melintasi genangan air. Jika kondisi alur ban tidak layak, maka dapat mengakibatkan slip.

3. Kampas rem harus dalam kondisi bersih. Kampas berbahan asbes jika terkena air akan menggelembung dan mengeras pada saat sudah kering. Untukitu harus dibersihkan setelah terkena hujan.

Cek kondisi motor saat musim hujan (Foto: Yamaha)

Pemeriksaannya bisa dilihat dari arah depan, dan untuk tipe cakram dengan melihat ketebalan Kampas rem motor, sedangkan untuk rem belakang dilihat kondisi pada tuas panel belakang apakah masih layak atau tidak.

4. Cek busi secara berkala. Caranya dengan mencabut mencabut kop atau karet penutup busi, kemudian hilangkan air dan kotoran di tutup busi agar kembali bersih.

5. Pastikan komponen saringan udara tidak tersumbat. Jika komponen ini basah terkena air hujan, performa motor akan terasa berat dan kurang tenaga. Untuk itu, lakukan pengecekan dan penggantian secara berkala.

6. Pastikan bagian dalam leher knalpot dalam keadaan bersih. Kotoran yang timbul akibat air hujan, biasanya bukan hanya menempel pada bagian bodi dan sepatbor, juga menempel pada bagian dalam leher knalpot. Sebaiknya bersihkan bagian tersebut, agar sistem pembuangan pada motor tetap berfungsi dengan sempurna.

7. Motor dengan kabel terbuka, pastikan aman dari air. Jika bagian socket atau kabel terkena air, akan menyebabkan konslet, sehingga bisa merusak komponen motor lainnya. Jangan sampai lampu utama sepeda motor tidak berfungsi, karena saat menembus hujan dibutuhkan sistem penerangan yang baik.

Baca Juga: Tips Menjaga Harga Jual Mobil Bekas, Lakukan Perawatan Cat Berikut

Hasan Ardiansyah Senior Service Advisor Yamaha FSS Jakarta mengatakan, jika motor kena air hujan saat riding cukup lama, segera dicuci, karena air hujan memiliki kandungan zat asam yang dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian sepeda motor, bahkan bisa saja akan mengakibatkan cat di permukaan body motor luntur.