POPULAR STORIES

Perhatikan Instalasi Kaca Film Mobil Agar Tak Terjadi Hal Ini

Perhatikan Instalasi Kaca Film Mobil Agar Tak Terjadi Hal Ini Perhatikan Instalasi Kaca Film Mobil Agar Tak Terjadi Hal Ini (Kipli/ KO)

KabarOto.com - Pemasangan Kaca film bertujuan untuk mengurangi intensitas cahaya yang menembus kaca kendaraan. Hanya saja, pemasangan kaca film yang tidak tepat dapat mengurangi kenyamanan, dan keamanan yang merusak salah satu komponen.

Pemasangan kaca film yang tepat pada kendaraan, mampu mengurangi intensitas cahaya ke kabin. Sehingga hal ini mampu mencegah kabin panas sehingga tidak memberatkan kinerja pendinginan dari AC, meningkatkan privasi, dan meminimalisir risiko pecah.

Namun demikian, pemasangan kaca film memiliki kesulitan dalam instalasi. Bila tidak tepat memasang akan mengurangi dari segi kenyamanan serta keamanan. Sehingga pemasangan sendiri merupakan hal yang tidak direkomendasikan, terutama jika tidak memiliki pengalaman.

Baca Juga: Mengenal Cara Kerja Fitur Blind Spot Monitoring

"Pada dasarnya pemasangan kaca film harus dilakukan oleh seorang yang sudah berpengalaman. Pasalnya memasang kaca film yang tidak benar akan menyebabkan kerusakan dari kaca film maupun komponen bagian dari kendaraan itu sendiri," tutur Aidil Swastomo selaku Aftersales Service Dept Head Astra Peugeot.

Menurutnya, kesalahan memasang kaca film terletak pada penggunaan cairan kaca film yang masuk ke rongga-rongga pintu door trim ataupun dasbor. Petugas professional biasanya menggunakan perangkat standar pada sela-sela antara kaca dengan door trim dan dasbor. Jika hal ini tidak dilakukan maka akan terjadi kerusakan pada komponen elektrikal dari kendaraan tersebut.

Baca Juga: Kopling Transmisi E-Clutch, Begini Cara Kerjanya

"Umumnya komponen elektrikal memiliki jalur yang tersambung dengan komponen lainnya, bisa memungkinkan akan mengalami kerusakan yang cukup fatal pada kendaraan, terutama sistem kelistrikannya," sambungnya.

Selain itu, akan terjadi gelembung udara yang terjebak pada kaca film. Jika hal ini terjadi maka akan mengurangi umur pakai dari kaca film tersebut.

"Pemasangan kaca film tidak bisa dipasang sendiri perlu dilakukan oleh yang ahlinya. Artinya kalau dari awal pemasangannya itu tidak tepat, pasti umur kaca filmnya tidak akan awet," katanya.

Dari segi perawatan kaca film, sebaiknya menghindari mobil yang terparkir terpapar sinar matahari dalam periode yang lama. Hal ini akan membuat lem kaca filmnya lebih cepat rusak. Selain itu, biasanya kerusakan kaca film terjadi dari faktor dalam.

“Pemasangan kaca film harus dilakukan oleh seorang yang sudah ahlinya, sehingga kaca film akan awet dan tidak merusak komponen dari kendaraan kita,” tutupnya.