POPULAR STORIES

Perjalanan Karir F1 George Russell Hingga Podium Pertama Di F1 Brasil 2022

Perjalanan Karir F1 George Russell Hingga Podium Pertama di F1 Brasil 2022 Dok : Mercedes AMG Petronas

KabarOto.com – George Russell (Mercedes AMG Petronas) baru saja mencatatkan podium pertamanya di ajang Formula 1 di Sirkuit Autódromo José Carlos Pace, Interlagos, Brasil, akhir pekan kemarin.

Dimulai dari 2017, Russel bergabung sebagai bagian program pembalap junior Mercedes-Benz. Ia berpartisipasi dalam tes musim di Budapest, Hongaria. Kemudian November 2017 adalah debut Formula 1 di Brasil dan Abu Dhabi untuk sesi latihan bebas 1 bersama Force India. Tahun berikutnya Russell diumumkan sebagai salah satu Pirelli Tyre Test Drivers untuk Force India, dan menyelesaikan 123 lap.

Awal karir F1 pada 2019, Russell gagal meraih poin.

Baca juga: Hasil F1 Brasil 2022, Double Podium Untuk Mercedes AMG Petronas

Pada akhirnya Russell debut F1 pada 2019 lalu. Ia memulai karir bersama Williams Racing, namun musim pertamanya diselesaikan dengan buruk tanpa poin sama sekali, karena keterbatasan mobilnya.

Baru musim 2020 meraih poin pertama di Sakhir, Bahrain, setelah finis posisi 9 dan itu adalah poin satu-satunya pada musim tersebut. Lanjut pada musim 2021, pembalap Inggris tersebut mulai menunjukkan peningkatan, dari 22 seri ia berhasil meraih poin di 4 balapan (Hongaria ke-8, Belgia ke-2, Italia ke-9 dan Russia ke-10) total Russell mengakhiri musim dengan total 16 poin.

Musim 2021 mulai menunjukan kualitasnya

Baca Juga : Hubungan Max Verstappen Dan Sergio Perez Memanas Pasca F1 Brasil 2022

Kesempatan emas datang saat Mercedes AMG Petronas memutuskan mengganti Valtteri Bottas, dengan Russell. Pembalap 25 tahun itu berhasil menunjukkan performa konsisten sepanjang balapan, terbukti hingga sekarang ia selalu finis di zona poin dan tidak jauh dari posisi 5 besar. Serta hanya 2 kali gagal meraih poin di Inggris dan Singapura.

Total sekarang Russell sudah mengumpulkan 265 poin, dan berada di ranking 4 klasemen pembalap, dan kemungkinan akan bertambah mengingat masih ada Abu Dhabi sebagai penutup musim 2022.