Perjalanan Liputan Mudik KabarOto Etape 1, Jakarta Menuju Yogyakarta

Perjalanan Liputan Mudik KabarOto Etape 1, Jakarta menuju Yogyakarta Tol Trans Jawa ruas Jawa Tengah (dok JM)

KabarOto.com - Tol Trans Jawa nyatanya memberikan beragam dampak positif, bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik di Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Terlebih saat ini, tol itu telah tersambung sepanjang 1.000,7 km yang dipastikan dapat digunakan. Jalur tersebut meliputi ruas operasional sepanjang 996 km dan sisanya fungsional hingga ke tol Pandaan - Malang - Singosari yang kini telah beroperasi.

"Termasuk yang sudah operasional yakni Jalan Tol Pandaan-Malang seksi 1-3 sepanjang 31 km, yang baru diresmikan dua minggu lalu oleh Presiden Jokowi," ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Berdasarkan hasil penelusuran tim Mudik Lebaran KabarOto, saat ini telah menghubungkan jalur Jakarta hingga Surabaya sepanjang 870 Km. Dampak positifnya adalah jarak tempuh dari Jakarta-Surabaya bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 12 jam saja (kecepatan rata-rata 80-100 kpj). Jika memacu kendaraan diatas itu mungkin saja waktu tempuh dapat lebih cepat, sekira 8 hingga 10 jam saja.

Baca juga: Rangkaian Fasilitas Dan Rekayasa Lalin Yang Tersedia Di Ruas Tol Menuju Jawa Timur

Namun sebagai catatan, pastikan membawa sopir cadangan, dan pastikan harus beristirahat setiap minimal 2 hingga 4 jam sekali ketika berkendara, agar kondisi fisik tetap prima, karena ruas Tol Trans Jawa membutuhkan konsentrasi yang tinggi, dengan kondisi jalan yang cukup baik, yang dihiasi dengan sejumlah pemandangan indah.

Jika Anda hanya ingin mudik ke Semarang, mungkin waktu yang Anda butuhkan kurang lebih sekitar 5,5 jam hingga 6,5 saja (dalam kondisi lalu lintas ramai lancar). Kondisi jalan saat tim Liputan Mudik KabarOto lalu terlihat ada sebagian jalan yang tengah dalam perbaikan, namun di dominasi dengan jalanan yang mulus.

Toyota Innova saat berada di Jembatan Kali Kuto
Tim Liputan Mudik KabarOto saat berada di Jembatan Kali Kuto

Selain itu, tempat peristirahatan atau rest area pun terlihat sudah siap untuk digunakan dengan fasilitas tempat ibadah, tempat makan, tempat mengisi BBM (sebagian masih menggunakan Kios Siaga Pertamina) dan toilet umum dengan fasilitas yang cukup memadai.

Ketika memasuki ruas Tol Salatiga terlihat kondisi jalan cukup baik untuk membantu pemudik yang ingin melakukan perjalanan mudik menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dengan kondisi jalan yang mulus, dari Jakarta hingga Salatiga sendiri sepanjang 525 km.

Jika Anda mudik menggunakan jalur darat, bisa dipastikan mata Anda bakal dimanjakan dengan sejumlah pemandangan indah mulai dari memasuki Tol Cipali yang menyambungkan jalan tol sepanjang 116 km yang menghubungkan daerah Cikopo, Purwakarta dengan Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Sepanjang jalan terlihat hamparan sawah, kebun bawang, hingga gunung yang menghiasi sepanjang perjalanan.

Tol Cipali
Ruas Tol Cipali (dok JM)

Lebih jauh, jika Anda ingin mudik menuju Jawa Tengah dan sekitarnya, Anda bakal menemui salah satu ikon Tol Trans Jawa, yakni Tol Jembatan Kali Kuto. Jembatan ini ada di antara tol Batang menuju semarang. Jembatan berkelir merah ini terlihat sangat indah, dan sering dimanfaatkan para pengguna tol untuk sekadar berswafoto. Namun yang pasti sejatinya tidak disarankan untuk berhenti di area itu.

Keindahan yang mungkin ditemui ketika melalui Tol Trans Jawa adalah kebun bawang yang 'terlukis' rapih di sepanjang jalan, baik sisi kanan dan kiri jalan.

Untuk diketahui, tol Jakarta-Cikampek sendiri memiliki panjang 72 km. Menurut hasil pantauan KabarOto, hingga sampai ke Gerbang Tol Cikampek Utama dari Jakarta membutuhkan waktu sekira 1,5 hingga 2 jam dalam kondisi lalu lintas ramai lancar.

Kelancaran lalu lintas itu didukung oleh relokasi GT Barrier dari sebelumnya di GT Cikarang Utama ke Cikampek Utama.

Baca juga: Mau Mudik? Cek Kondisi Terkini Persiapan Ruas Tol Trans Jawa

GT Cikampek Utama 2
GT Cikampek Utama 2

Lepas dari Cikampek Utama, Anda bakal melalui tol Jalan Tol Cikopo - Palimanan yang memiliki panjang 116 km, jarak tempuh kurang lebih 1 hingga 1,5 jam, dalam kondisi berkendara 80-120 kpj. Setelahnya Anda akan melalui tol Pejagan, Pemalang, dan menuju Semarang yang memiliki panjang sekitar 232 km. Jarak tempuh yang harus dilalui sendiri sekitar 2 jam perjalanan.

Setelah melalui Semarang ke Salatiga, kemudian melalui tol sepanjang 105 km dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam. Di sini pemandangan yang didapatkan berbeda, karena jalan tol agak mendaki kita disuguhi hamparan sawah dan bukit dan gunung.

Berdasarkan perjalanan kami di etape pertama dengan rute Bogor, Jakarta menuju Yogyakarta sepanjang kurang lebih 610 kilometer dengan waktu kurang lebih 10 hingga 11 jam perjalanan, dengan rute keluar gerbang tol Boyolali.