Permintaan BBM Selama Libur Natal Meningkat 400%

Permintaan BBM Selama Libur Natal Meningkat 400% Sebuah mobilmengisi bahan bakar di SPBU pertamina, di tol Trans Jawa

KabarOto.com - Libur panjang tahap pertama di akhir tahun 2020 ini dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk mengunjungi kampung halaman dan tempat wisata di berbagai daerah. Salah satunya masyarakat Jabodetabek yang melakukan perjalanan mengunakan mobil ke Jawa Tengah.

Sejak 23 hingga 27 Desember 2020 Pertamina mencatat peningkatan permintaan Bahan Bakar Minyak (BBM) sangat signifikan di sepanjang Tol Trans Jawa.

Baca Juga: Lewat Satgas Nataru, Pertamina Pastikan Stok BBM Saat Libur Nataru Aman

Pejabat sementara (Pjs.) Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT), Marthia Mulia Asri mengatakan, mengungkapkan kenaikan tertinggi pada tanggal 23-25 Desember 2020.

Per hari mencapai 636 KL per hari, 2 SPBU Rest Area tol arah Surabaya di KM 379 A dan KM 429 A menjadi yang tertinggi. “Konsumsi BBM di SPBU KM 379 A mencapai 192 KL per hari," terangnya, hari ini (28/12).

SPBU Pertamina di Trans Jawa

Angka tersebut meningkat lebih dari 400% dari awal Desember lalu yang hanya 40 kl per hari. Peningkatan juga terjadi di KM 429 A, dari 50 kl per hari menjadi 212 kl per hari atau meningkat 400%.

Dia menambahkan, BBM untuk mesin bensin yang paling tinggi permintaannya adalah Pertamax Turbo dan Pertamax, meningkat sampai 80%. Pertamax Turbo pada November berkisar 9 kl per hari, dan pada libur ini mencapai 16 kl per hari. Sementara Pertamax konsumsi sebelumnya sebesar 44 kl per hari menjadi 67 kl per hari.

Kedua bahan bakar ini menjadi pilihan karena kualitas yang mampu memberikan performa yang baik bagi mesin kendaraan saat menempuh perjalanan jauh.

Peningkatan konsumsi Pertamax Series juga diikuti dengan peningkatan konsumsi BBM berkualitas untuk mesin diesel, yaitu Pertamina Dex dan Dexlite.

Baca Juga: SPBU Digital, Pertamina Pantau Langsung Stok BBM Saat Liburan

“Pertamina Dex meningkat 119% dari 12 KL per hari menjadi 27 kl per hari. Sementara itu, Dexlite meningkat 71% dari 6 kl per hari menjadi 11 kl per hari,” tutup Marthia Mulia Asri.