POPULAR STORIES

Permudah Akses Masyarakat, Tol Pekanbaru - Dumai Segera Beroperasi

Permudah Akses Masyarakat, Tol Pekanbaru - Dumai Segera Beroperasi Gerbang Tol Pekanbaru (PUPR)

KabarOto.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), saat ini tengah melakukan persiapan untuk operasi Tol Pekanbaru – Dumai sepanjang 131,48 km dengan melakukan Uji Laik Fungsi (ULF).

Kegiatan ULF tersebut dilakukan pada seksi 2 Minas – Kandis Selatan hingga seksi 6 Duri Utara – Dumai. Saat ini progres fisik tol ini telah mencapai 99,07% dan ditargetkan dapat beroperasi penuh dalam waktu dekat.

Baca Juga: Puluhan Juta Rupiah Jadi Hadiah Honda Racing Simulator Championship

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran tol ini akan meningkatkan konektivitas antara Ibu Kota Provinsi riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan, dan mempermudah akses masyarakat.

"Tol ini akan memperpendek jarak tempuh antara Pekanbaru – Dumai menjadi 131 kilometer di mana kalau melalui jalan nasional jaraknya 200 kilometer," ujar Basuki dalam keterangan resminya, Kamis, (9/7).

Persingkat jarak tempuh

Tol Pekanbaru – Dumai terdiri dari enam seksi yakni Seksi I Pekanbaru – Minas, Seksi II Minas – Petapahan, Seksi III Petapahan – Kandis Utara, Seksi IV Kandis Utara – Duri Selatan, Duri Selatan – Duri Utara dan Seksi VI Duri Utara – Dumai.

Menariknya, ruas tol ini memiliki empat terowongan perlintasan gajah sebagai bentuk harmonisasi infrastruktur dengan alam. Terowongan gajah disiapkan dengan bentang 25 – 45 meter dan tinggi 5,1 meter serta tanaman hijau agar menyerupai habitat asli.

Baca Juga: Ban Motor Punya Masa Kedaluwarsa, Cek Bagian Ini Sebelum Membeli

Tol Pekanbaru – Dumai merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 km. Saat ini, Seksi I Pekanbaru – Minas sepanjang 9,5 km telah dibuka secara fungsional mulai bulan Mei 2020.

"Saya kira juga truk pengangkut bahan seperti sawit bisa pindah menggunakan jalan tol dengan pertimbangan hitungan waktu. Dengan tol ini, pengguna dapat menghitung waktu perjalanan bahan dari asal sampai ke pabrik," pungkas Basuki.