POPULAR STORIES

Pertamina Sulap Lapangan Bola Jadi Rumah Sakit Covid-19

Pertamina Sulap Lapangan Bola Jadi Rumah Sakit Covid-19 Lapngan bola di Simpruk, Jakarta Selatan menjadi rumah sakit rujukan pasien Covid-19

KabarOto.com - Pertamina merupakan perusahaan energi milik negara yang konsen dengan penyembuhan pasien terinfeksi corona. Setelah beberapa waktu lalu Rumah Sakit Pertamina Jaya dan Hotel Patra Comfort Jakarta menjadi rumah sakit rujukan virus Corona atau Covid-19, kali ini lapangan bola seluas 22.700 meter persegi di Simprug, Jakarta Selatan, disulap menjadi rumah sakit rujukan.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, rumah sakit darurat Covid-19 di lapangan bola Simprug merupakan extension dari Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP). Seluruh pembangunan dan penyediaan alat kesehatan serta tenaga medis berada dalam pengawasan RSPP.

Persiapan pembangunan sudah 35 persen

Baca Juga: Distribusi BBM Selama PSBB Bandung Raya Aman, Manfaatkan Layanan PDS

“Tahapan pembangunan meliputi konstruksi fisik, penyediaan alat kesehatan (alkes), tenaga medis, IT dan setup Alkes” ujar Fajriyah, dalam keterangan persnya Kamis (30/4/2020).

Fajriyah menambahkan, rencananya RS Darurat Covid-19 ini memiliki kapasitas 300 tempat bed yang terdiri dari 240 bed non ICU, 31 bed ICU, 19 bed HCU dan 10 Bed IGD. Serta yang utama adalah seluruh ruangan di RS Darurat Covid-19 ini dilengkapi negative pressure dan filter hepa sehingga udara, yang dilepaskan keluar rumah sakit agar tetap aman untuk lingkungan.

Hotel Patra Jasa menjadi rumah sakit rujukan pasien Covid-19

Fajriyah menambahkan, rumah sakit darurat ini menyiapkan fasilitas untuk memberikan layanan prima. Walaupun darurat, fasilitas yang dibangun mengikuti standar rumah sakit pada umumnya, dari mulai ruang dokter, ruang perawat, nurse station, instalasi jenazah, instalasi sterilisasi, laboratorium (PCR, Hematologi dan AGD), instalasi farmasi, pusat gizi, instalasi screening, ruang radiologi, ruang operasi, hingga ruang dekontaminasi.

Baca Juga: Ojek Online Dapat Cashback BBM 50% Sampai #DiRumahAja Berakhir

“Di dalam rumah sakit ini tersedia fasilitas peralatan canggih seperti CT Scan 32 /64 slice, CCTV 2 arah hingga central monitor,” terang Fajriyah. Sejak awal dimulai pengerjaannya pada 22 April 2020 lalu, saat ini rumah sakit sudah memasuki progres 35 persen. Direncanakan mulai beroperasi pada 1 Juni 2020 mendatang.