Pirelli Hanya Pakai 3 Tipe Ban Pada F1 2019?

Pirelli Hanya Pakai 3 Tipe Ban Pada F1 2019? Pirelli (Foto: Istimewa)

KabarOto.com- Federasi Automobile Internasional (FIA) meminta Pirelli untuk menghilangkan beberapa nama tipe ban yang dianggap tidak terlalu bermanfaat, agar memudahkan penonton memahami tipe-tipe ban yang digunakan saat berlangsungnya balapan. Permintaan ini mendapat dukungan dari bos Pirelli, Mario Isola dan rencananya bakal direalisasikan mulai musim 2019 mendatang.

Pemasok tunggal ban F1 sejak 2011 kini memiliki 9 varian tipe ban meliputi: Pink (Hypersoft), Ungu (Ultrasoft), Merah (Supersoft), Kuning (Soft), Putih (Medium), Biru (Ice), Orange (Superhard), Hijau (Intermediate), Biru (Wet).

Dari beberapa varian yang disebutkan diatas, hanya ultrasoft dan supersoft akan dihapus keberadaannya. Dan sisanya akan diperkecil ke dalam 3 varian yaitu: soft (kuning), medium (putih), dan hard (merah).

Baca Juga: Pirelli Akan Memperkenalkan Ban 'Pintar'

"Mereka (FOM dan FIA) hanya memperbolehkan kami memakai 3 tipe yakni soft, medium, dan hard dengan 3 warna baku. Warna dan tipe yang sama untuk setiap race," ujar Isola, dilansir Crash, Jumat (25/05).

"Dengan begitu penonton akan lebih mudah mengerti, tetapi tak menutup kemungkinan kami akan memberikan informasi teknis (soal ban) yang lebih terinci kepada mereka," tambahnya.

Isola juga menambahkan Pirelli dapat mengkomunikasikan informasi kompon ban 'lebih dalam' kepada masing-masing tim F1 menggunakan format huruf.

Baca Juga: Pirelli Umumkan Jadwal Uji Tes Ban Untuk F1 2018

"Jelas mereka akan menjadi senyawa yang berbeda karena kita tidak dapat menggunakan senyawa yang sama untuk Silverstone, Monako dan Suzuka," tambahnya. Jadi idenya adalah memiliki tiga nama, tiga warna.

"Katakanlah pada tingkat kedua kami memiliki gabungan A, B, C, D, F atau apa pun, dan kami akan memberitahu Anda bahwa untuk balapan ini, ban keras adalah B dan medium adalah D. Kami juga memiliki kemungkinan untuk masuk lebih dalam secara detail untuk informasi teknis yang akan terus kami berikan," pungkas Isola.