POPULAR STORIES

Pirelli Kembangkan Ban Rally1 Sambut Tenaga Hybrid

Pirelli Kembangkan Ban Rally1 Sambut Tenaga Hybrid

KabarOto.com – Selain pemasok ban untuk mobil-mobil Formula 1 yang regulasinya telah berubah dari ukuran 13 inci, naik menjadi 18 inci. Pirelli juga telah berperan dalam reli sejak kejuaraan Reli Dunia pertama diadakan pada tahun 1973.

Sejak saat itu, perusahaan asal Italia tersebut telah menjadi yang terdepan dalam teknologi ban. Selain membuat ban baru dengan ukuran lebih besar untuk F1, mereka juga harus bersiap untuk reli 2022 yang juga tengah menyiapkan regulasi baru penggunaan mesin hybrid.

Baca juga: Tiga Tim F1 Sudah Jadwalkan BBS Jadi Pemasok Pelek Formula 1 Mulai 2022 Bulan Depan

Pirelli telah mengembangkan seluruh jajaran ban P Zero, Scorpion dan Sottozero untuk mengatasi bobot ekstra dan tenaga tambahan dari regulasi baru Rally1.

Ban P Zero untuk aspal dan Scorpion untuk medan kerikil, telah mendapat struktur yang diperkuat dan desain dioptimalkan untuk mengatasi peningkatan bobot ekstra 100 kilogram, serta peningkatan torsi dari mesin-mesin hibrida.

Lalu ban salju yang akan memulai debutnya di Swedia memanfaatkan bentuk struktur yang diperkuat dan paku dikembangkan agar lebih memberikan daya cengkram.

Baca juga Begini Penjelasan Pirelli Soal Ban Formula 1 Ukuran 18 Inci

Ban baru ini pertama kali diuji bersama tim selama sesi yang berlangsung pada akhir tahun 2021. Data dikumpulkan selama pengujian musim dingin. Hasil pengujian tersebut akan memberikan titik referensi tambahan untuk evolusi produk ini di masa mendatang.