POPULAR STORIES

Begini Penjelasan Pirelli Soal Ban Formula 1 Ukuran 18 Inci

Begini Penjelasan Pirelli Soal Ban Formula 1 Ukuran 18 Inci

KabarOto.com - Formula 1 akan memulai revolusinya musim ini, setelah lebih dari setengah abad menggunakan ban 13 inci, ukuran sekarang akan bertambah menjadi 18 inci. Ban baru 18 inci dirancang dengan setiap elemen ban mulai dari profil, struktur hingga kompon.

Proses desain membutuhkan lebih dari 10.000 jam pengujian dalam ruangan, lebih dari 5.000 jam simulasi, dan lebih dari 70 prototipe dikembangkan secara virtual, untuk akhirnya dibuat 30 spesifikasi berbeda yang diuji oleh hampir semua tim selama lebih dari 20.000 km.

Peran pembalap sangat penting, dengan masing-masing berkontribusi pada pengembangan di berbagai titik, untuk membantu Pirelli mencapai spesifikasi pasti berkat masukkan dari mereka.

Baca juga: BBS Jadi Pemasok Pelek Formula 1 Mulai 2022

Ban baru memiliki jangkauan lebih luas daripada 13 inci, tanpa mengorbankan pemanasan. Akibatnya, panas berlebih bisa dibatasi dan efek degradasi berkurang. Semua ban sekarang akan dipanaskan hingga 70 derajat, sebelumnya untuk memanaskan ban dibutuhkan 100 derajat di depan dan 80 derajat di belakang.

Pengurangan pemakaian selimut ban adalah bagian dari rencana untuk secara bertahap menghilangkan selimut ban selama musim mendatang, guna membantu mengurangi konsumsi listrik.

Baca juga: Tiga Tim F1 Sudah Jadwalkan Launching Bulan Depan

Ban baru 18 inci juga lebih mirip dengan ban yang digunakan setiap hari oleh pengendara konvensional, yang membantu Pirelli mentransfer teknologi Formula 1 ke produk mobil jalan raya.