POPULAR STORIES

Pirelli Tambah Kontrak 3 Tahun Dengan Formula 1

Pirelli Tambah Kontrak 3 Tahun dengan Formula 1 Pirelli selaku penyedia ban di ajang balap Formula 1, kembali melanjutkan kontraknya di ajang Jet Darat untuk musim depan.

KabarOto.com - Pirelli selaku penyedia ban di ajang balap Formula 1, kembali melanjutkan kontraknya di ajang Jet Darat untuk musim depan. Meskipun kontrak kerja sama antara Pirelli dan Formula 1 baru akan berakhir di penghujung tahun depan, namun sebuah langkah baru telah ditempuh oleh Pirelli untuk kembali menjadi pemasok ban dalam ajang balap tersebut.

Tidak tanggung-tanggug, kontrak barunya tersebut, Pirelli dan Formula 1 telah sepakat untuk memperpanjang kerja sama mereka hingga 3 tahun mendatang atau tepatnya hingga 2023.

Salah satu hal yang disepakati oleh Pirelli adalah melakukan penyesuaian peraturan teknis. Di mana untuk tahun 2021 mendatang, Formula One Management telah menyepakati bahwa akan ada perubahan lebar velg yang akan digunakan. Mereka telah setuju bahwa nantinya besaran diameter ban mobil Jet Darat ini akan mengadopsi diamter 18 inch.

CEO and Vice President Pirelli, Marco Tronchetti, merasa kelanjutan kerja sama antara pihaknya dengan Formula One adalah sebuah langkah yang baik untuk pihaknya. "Ini berita bagus bahwa Pirelli memperpanjang kemitraan dengan Formula 1 hingga 2023. Perjanjian baru ini memperluas kehadiran kami hingga total 13 musim di era modern, dan Pirelli juga hadir saat 1950 di mana pertama kali kejuaraan tersebut diresmikan," ujar Marco.

Baca Juga: Pirelli Hanya Pakai 3 Tipe Ban Pada F1 2019?

Di samping itu, bagi Pirelli, kerja sama ini sebagai wadah bagi mereka untuk show off bahwa produk yang dihasilkan olehnya merupakan sebuah produk yang memiliki tingkat performa tinggi. Di samping itu, kehadiran Piirelli sebagai cermin bahwa produk ban tersebut memiliki standar kinerja, kesinambungan dan tingkat keselamatan yang tinggi.

"Formula 1 menyediakan kami tempat unjuk performa yang sempurna untuk ban mobil jalan raya kami, yang memiliki performa sangat tinggi. Serta melengkapi gengsi dari kendaraan premium yang paling diminati di dunia untuk menjamin standar kerja, kesinambungan dan tingkat keselamatan yang tinggi," tambahnya.

Pirelli menjadi satu dari sekian banyak suplier ban yang pernah mendukung gelaran Formula 1. Di awal peresmiannya, Pirelli memegang peranan penuh balapan tersebut mulai dari 1950 hingga 1954. Meskipun saat itu ada beberapa manufaktur lainnya, namun Pirelli memiliki kemenangan yang paling banyak. Setelah itu, tahun 1957, Pirelli kembali masuk dan hanya bertahan di satu musim itu saja.

Dan selanjutnya, mulai dari 1958 hingga 2010, Pirelli absen secara beruntun dalam ajang tersebut. Baru di 2011. produsen ban asal Italia ini, kembali menapaki jalan di ajang paling bergengsi. Terhitung mulai dari 2011 hingga saat ini, berarti Pirelli telah menemani Formula 1 hingga delapan tahun, dan akan bertambah tiga tahun kemudian di masa depan.