POPULAR STORIES

Pirelli Umumkan Ban Formula 1 2021

Pirelli Umumkan Ban Formula 1 2021

KabarOto.com – Ban resmi mobil Formula 1, Pirelli telah mengumumkan pilihan ban untuk 23 balapan pada musim 2021 ini. Pirelli sudah menjadi pemasok utama ban di Formula 1 sejak 2011 lalu. Sementara musim ini, F1 akan memakai lima jenis kompon ban dan tiga diantaranya harus dipakai di setiap balapan.

Untuk menunjukkan jenis kompon, kode ban digunakan mulai C1 atau terkeras sampai C5 artinya terlunak. Para pembalap F1 akan mendapatkan 13 set ban, di antaranya 2 keras, 3 medium, dan 8 lunak untuk setiap serinya. Mereka harus menggunakan ban berkompon keras atau sedang serta menyiapkan satu set ban lunak yang hanya bisa dipakai untuk kualifikasi ketiga.

Baca juga: McLaren Tim Pertama Ungkap Mobil F1 2021

“Pengumuman pilihan ban untuk seluruh balapan F1 musim 2021 ini kami majukan untuk membantu tim dan pembalap dalam membuat perencanaan,” ujar Mario Isola, penanggung jawab Pirelli untuk F1 dan balap mobil.

Isola juga mengatakan bahwa kompon ban F1 2021 hampir sama dengan sebelumnya. Tetapi, khusus seri Azerbaijan dan Brasil disediakan kompon yang lebih lunak. Ia menjelaskan, di Azerbaijan, Pirelli C2 yang berkompon keras, tidak digunakan tahun lalu. Dengan begitu, musim ini Pirelli menyiapkan kompon jauh lebih lunak, yakni C3, C4 dan C5.

Baca juga: Menjelang GP Australia, Sirkuit Albert Park Ubah Desain

“Lalu untuk Brasil, tahun ini kami akan menurunkan C2, C3, dan C4. Itu karena tahun lalu ban C1 tidak terlalu menguntungkan bagi tim-tim dari sisi ketahanan dibanding medium. Untuk kedua kasus ini, ban dengan kompon yang lebih lunak bisa dipakai untuk strategi balap yang lebih variatif,” ujar Isola.

Sebelumnya, ada kebijakkan bahwa tim diperbolehkan memilih ban sesuai karakter mengemudi pembalap mereka. Namun sekarang pilihan sudah ditetapkan Pirelli. Tapi tim masih bisa melakukan ubahan ban, apabila ada perubahan besar, itupun tim harus infokan 15 hari sebelumnya.